Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Flu Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Flu Pada Bayi 6 Bulan

Cara Mengobati Flu pada Bayi 6 Bulan yang Tepat

KonsultasiSehat.com. Cara mengobati flu pada bayi 6 bulan cukup susah. Seorang bayi yang baru berumur 6 bulan tentu belum bisa melakukan segala sesuatu halnya sendiri, oleh karena itu, jika si bayi terserang flu pasti yang akan susah adalah orang yang merawatnya. Penyakit memang tidak mau memandang usia. Mulai dari orang dewasa hingga anak yang baru saja lahirpun bisa terkena penyakit.

Cara mengobati flu pada bayi 6 bulan

 

Untuk orang dewasa mungkin akan mudah mengatasinya sendiri jika terserang penyakit, namun jika pada anak kecil terutama yang baru saja lahir tentu akan sangat susah. Baik untuk si anak maupun bagi ibu dan ayahnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang benar untuk mengobati bayi yang baru berusia 6 bulan ketika terserang flu.

Cara mengobati flu pada bayi 6 bulan yang pertama adalah dengan melakukan drop saline. Drop saline ini bertujuan untuk mengencerkan lendir yang menyumbat di dalam hidung. Caranya yaitu dengan memasukkan semprotan kecil yang bisa dimasukkan ke dalam hidung bayi. Semprotan ini diisi dengan campuran air dengan garam. Galam ini bisa mengencerkan lendir yang berlebih di dalam hidung.

Penggunaan alat tetes ini juga harus disterilkan dulu sebelum digunakan dan setelah digunakan supaya tidak menyebabkan penyebaran kuman di alat tetes ke dalam hidung. Kedua adalah dengan membersihkan hidung. Terkadang hidung kita ketika mengalami gangguan seperti flu pasti akan menyisakan lendir yang mengering. Lendir yang mengering ini harus segera dibersihkan supaya hidung tidak memiliki hambatan ketika akan menarik napas, terutama pada bayi.

Ketiga yaitu dengan memberikan tepukan yang lembut. Tepukan pada bagian belakang dada secara lembut bisa mengurangi si bayi merasa sesak napas ketika terkena flu. Karena terlalu banyak lendir yang ada di dalam hidung, dada pun merasa sesak karena udara tidak bisa masuk dan keluar.

Cara mengobati flu pada bayi 6 bulan ini mungkin cukup mudah dilakukan, namun tetap harus berhati-hati dalam merawat si bayi, jangan sampai menyakiti dan jangan sampai si bayi terus menerus terkena flu tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top