Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak

Ketahui Cara Mengobati Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak

KonsultasiSehat.com. Mulut merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai penyalur makanan untuk masuk kedalam tubuh. Jika mulut ini mengalami gangguan, maka kegiatan makan anda akan terganggu, biasanya yang menjadi penyebab terganggunya kondisi mulut ialah adanya gangguan pada gigi.

cara mengobati gigi berlubang dan gusi bengkak

Gigi merupakan bagian dalam mulut yang berfungsi sebagai pengunyah makanan, jika gigi mengalami gangguan seperti gigi yang berlubang maka anda akan merasa tersiksa dengan rasa sakitnya, sehingga anda bisa tidak makan. Selain penyakit gigi berlubang, ada penyakit lainnya yang ada dalam mulut yaitu gusi bengkak.

Kedua penyakit tersebut sangatlah mengganggu aktivitas makan anda, sehingga perlu diobati. Dan dalam artikel ini ada beberapa cara mengobati gigi berlubang dan gusi bengkak :

  1. Menjaga kebersihan mulut

Jika anda sudah mengalami kedua penyakit ini, cobalah untuk meningkatkan intensitas membersihkan gigi dan gusi. Biasanya mulut yang kotor terjadi setelah makan, maka lakukanlah pembersihan setelah makan.

  1. Garam

Satu lagi cara mengobati gigi berlubang dan gusi bengkak yaitu dengan menggunakan garam. Selain berfungsi sebagai pemberi rasa asin pada makanan, garam dapat pula menjadi obat untuk gigi dan gusi. Caranya ialah dengan melarutkan garam pada segelas air, lalu jadikan larutan garam tersebut sebagai mouthwash, dan berkumur kumurlah menggunakan larutan itu rutin setiap harinya.

  1. Jeruk nipis

Mungkin anda baru tahu bahwa jeruk nipis dapat mengobati gigi dan gusi. Caranya ialah dengan teteskan cairan jeruk nipis pada sendok lalu oleskan pada bagian gigi dan gusi yang sakit. Kandungan vitamin c dari jeruk nipis dapat mengobati penyakit tersebut.

 

  1. Bawang merah

Bawang merah sangat ampuh dalam mengobati penyakit gigi dan gusi. Namun, banyak orang yang enggan untuk melakukan pengobatan dengan metode ini, karena tidak tahan dengan bau dan aromanya. Cara mengobatinya ialah dengan menumbuk bawang merah sampai halus lalu tambahkan garam dan oleskan pada bagian yang sakit.

Itulah beberapa tips dan cara mengobati gigi berlubang dan gusi bengkak yang bisa anda coba dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top