Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Gigi Berlubang Pada Anak Balita

Cara Mengobati Gigi Berlubang Pada Anak Balita

Cara Mengobati Gigi Berlubang Pada Anak Balita dengan Bahan Alami

KonsultasiSehat.com. Sakit gigi merupakan sakit yang paling banyak dialami oleh setiap orang baik orang dewasa, bahkan anak-anak sekalipun. Meskipun anak-anak khususnya di usia balita belum memiliki gigi permanen, namun tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk terkena sakit gigi.

cara mengobati gigi berlubang pada anak balita

Gigi berlubang yang dialami oleh anak balita bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain :

  1. pengaruh konsumsi obat-obatan oleh ibu saat masa kehamilan
  2. kurangnya nutrisi pada ibu ketika sedang dalam masa kehamilan sehingga berpengaruh pada gigi anak.
  3. Pengaruh dari laktosa yang terkandung dalam susu kemasan yang memberikan pengaruh pada gigi anak sehingga gigi cepat mengikis.
  4. Kurang dibiasakan untuk menggosok gigi secara teratur dan dengan cara yang benar.

Keempat poin tersebut merupakan beberapa sebab anak balita mengalami masalah gigi berlubang. Lalu bagaimana jika seorang anak sudah terlanjur mengalami masalah gigi berlubang? Dan bagaimana saja cara mengobati gigi berlubang pada anak balita?

Sebenarnya untuk mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh gigi berlubang, ada beberapa cara mengobati gigi berlubang pada anak balita yang tergolong mudah dan efektif. Yang pertama adalah dengan memanfaatkan getah daun cabai merah. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup memetik beberapa helai daun cabai merah, kemudian ambil getahnya. Getah tersebut kemudian anda teteskan pada bagian gigi yang berlubang.

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan batang kemuning. Batang kemuning tersebut bisa anda manfaatkan untuk mengatasi gigi berlubang dengan cara dibakar sampai mengeluarkan minyak. Minyak tersebutlah yang kemudian anda manfaatkan untuk diteteskan ke pada bagian gigi yang berlubang.

Cara mengobati gigi berlubang pada anak balita selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Caranya juga sangatlah mudah. Anda tinggal mencampurkan garam ke dalam air yang bersuhu hangat. Setelah diaduk hingga rata kemudian air garam tersebut dimanfaatkan dengan cara dikumur sampai rasa nyeri hilang.

Selain beberapa cara tersebut cara lainnya adalah dengan memanfaatkan minyak biji cengkeh. Minyak cengkeh ini digunakan dengan cara diteteskan pada kapas, kemudian kapas tersebut dikompres pada bagian gigi yang berlubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top