Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Bahan Alami

KonsultasiSehat.com. Penyakit yang satu ini memang cukup menguras emosi ketika kambuh. Apalagi kalau bukan sakit gigi yang disebabkan oleh gigi bengkak. Rasa cenat-cenut yang ditimbulkan oleh gusi yang bengkak ini memiliki rasa sakit yang luar biasa, bahkan akan menjadi tambah sakit jika mendengar suara gaduh.

cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami

Mereka yang pernah mengalami sakit gigi pasti mengetahui bagaimana menderitanya penyakit ini ketika  datang. Nah, selama ini mungkin kita sering mengatasi sakit gigi dengan obat kimia yang cukup instan. Padahal, selain menggunakan obat kimia, ada juga cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami. Kelebihan menggunakan bahan alami ini adalah selain harganya terjangkau, juga aman dikonsumsi tanpa efek samping. Berikut ini beberapa cara-caranya.

Cara yang pertama adalah dengan berkumur air garam hangat. Cara yang satu ini cukup efektif karena sifat garam sendiri adalah sebagai zat antiseptic. Caranya juga cukup mudah. Anda tinggal mencampurkan garam dengan air hangat, lalu berkumurlah dengan air ini beberapa kali, dan terakhir berkumurlah dengan air bersih.

Cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan minum banyak air putih. Mengkonsumsi banyak air putih dapat membuat mulut anda lebih banyak menghasilkan air liur. Selain baik untuk sistem pencernaan kita, air putih juga baik untuk membunuh kuman dalam mulut. Jadi, ketika anda mulai merasakan gusi anda sakit, segera perbanyak minum air putih.

Sebenarnya penyebab paling umum yang membuat gusi anda bengkak adalah karena adanya bakteri pada plak yang selanjutnya menginfeksi jaringan ginginya dan berlanjut menjadi gusi bengkak. Penyebab lain yang menimbulkan gusi bengkak adalah karena kurang menjaga kebersihan mulut, bisa juga dikarenakan pemakaian kawat gigi atau behel, banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, kekurangan vitamin, dan bisa juga dipengaruhi karena sedang berada pada masa kehamilan.

Nah, sebelum anda terserang penyakit gusi bengkak ini, ada baiknya anda menghindari hal-hal yang dapat memicu timbulnya gusi bengkak atau sakit gigi. Walau bagaimana pun, mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Ketika pencegahan ini berhasil kita lakukan, maka kita pun tidak perlu mencari cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top