Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Gusi Berdarah Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Gusi Berdarah Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Gusi Berdarah Pada Ibu Hamil Yang Mau Melahirkan

KonsultasiSehat.com. Wanita hamil memiliki perbedaan hormon dibandingkan dengan wanita yang tidak sedangn mengalami kehamilan. Wanita hamil memiliki tingkat hormon esterogen dan progesteron yang lebih tinggi.

cara mengobati gusi berdarah pada ibu hamil

Tingginya kedua hormon ini menyebabkan tingkat suplai darah dari jantung menuju gusi sangat tinggi, sehingga sangat rentan terhadap gangguan gusi berdarah bagi seorang wanita hamil. Sebenarnya, penyebab dari gusi berdarah pada wanita hamil hampir sama dengan gangguan gusi pada umumnya yaitu karena banyaknya peningkatan bakteri mulut.

Bakteri bakteri yang hidup pada mulut, menghasilkan reaksi peradangan pada gusi sehingga gusi menjadi berdarah. Oleh karena itu kunci cara mengobati gusi berdarah pada ibu hamil ialah tetap menjaga kebersihan mulut. Berikut ini berapa tips dalam mengobati gusi berdarah :

a. Bersihkan Plak

Kegiatan membersihkan gigi dengan menyikat gigi 2 kali sehari dan menggunakan benang gigi harus tetap dilakukan walupun dalam keadaan hamil sekalipun. Ibu hamil harus terus memperhatikan kesehatan gigi karena plak merupakan penyebab utama dari gusi berdarah

b. Pembersihan karang gigi

Pembersihan karang gigi dapat dilakukan ibu hamil dengan menggunakan jasa dokter. Jika karang pada gigi tidak dibersihkan bukan hanya akan menyebabkan gusi berdarah tetapi juga menyebabkan penyakit periodontitis yang dapat membahayakan kesehatan janin anda.

c. Gunakan Mouthwash

Penggunaan mouthwash atau obat kumur memang sangat dianjurkan untuk menjaga kebersiha mulut. Usahakan jika anda ingin menggunakan obat kumur hindari obat kumur yang mengandung alkohol hal ini akan sangat berbahaya pada mulut jika digunakan pada waktu lama dapat memicu kanker mulut

d. Konsumsi buah

Selanjutnya cara mengobati gusi berdarah pada ibu hamil ialah dengan mengkonsumsi buah buahan yang mengandung vitamin  k. Vitamin k berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah.

Itulah beberapa tips tentang cara mengobati gusi berdarah pada ibu hamil. Selain anda peduli pada kesehatan janin anda, anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan anda, sebab hal itu juga berpengaruh pada perkembangan janin. Cara cara diatas dapat anda lakukan dan cobalah melakukannya secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top