Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Hernia Pada Bayi Umur 2 Bulan

Cara Mengobati Hernia Pada Bayi Umur 2 Bulan

Bagaimana Cara Mengobati Hernia Pada Bayi Umur 2 Bulan?

KonsultasiSehat.com. Hernia kadang disebut juga dengan turun beruk. Kondisi merupakan keluarnya usus dari dalam perut yang menekan organ di sekelilingnya. Maka dari itu orang yang mengalami penyakit hernia, akan merasa nyeri di area perut, pusar, selangkangan dan lipatan paha.

cara mengobati hernia pada bayi umur 2 bulan

Kondisi ini dikarenakan lemahnya kondisi otot yang menyangga usus untuk tetap berada di dalam perut. Biasanya hernia yang terjadi pada orang dewasa dikarenakan mereka terlalu sering mengangkat beban berat. Ketika seseorang mengangkat beban berat, ia akan menahan nafasnya dan menekannya di dalam perut.

Kondisi tekanan yang berulang-ulang ini dapat memicu terjadinya robek pada otot penyangga usus, sehingga usus keluar. Namun ternyata hernia ini tidak dialami orang dewasa saja. Bahkan seorang bayi yang baru lahir pun dapat mengalaminya. Lantas bagaimana cara mengobati hernia pada bayi umur 2 bulan?

Pada umumnya, hernia pada orang dewasa diobati dengan cara operasi. Langkah pertama orang tersebut harus melakukan foto rontgen untuk mengetahui letak dan seberapa besar lubang hernianya. Kemudian dokter akan membedah perut anda dengan memasukkan kembali usus yang keluar kemudian menutup lubang hernia dengan menjahitnya.

Jika hernia ini dibiarkan secara terus menerus, maka usus yang keluar tadi akan semakin menekan organ lainnya sehingga menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Bahkan jika usus sudah masuk terlalu dalam, hernia bisa diatasi dengan memotong usus. Namun cara mengobati hernia pada bayi umur 2 bulan tentunya sangat berbeda dengan orang dewasa.

Seorang bayi yang mengalami hernia, pastinya akan difoto rontgen dulu. Setelah mengetahui seberapa besar hernianya, maka dokter akan melakukan tindakan. Jika hernianya masih kecil, maka dokter akan melakukan observasi terlebih dahulu.

Sebab organ pada bayi sangatlah berbeda pada organ tubuh orang dewasa. Jadi jika anda menemukan tanda-tanda mencurigakan pada bayi anda seperti mengejan, menangis, muntah dan batuk sebaiknya anda segera membawa dan mengkonsultasikan ke dokter anda agar cara mengobati hernia pada bayi umur 2 bulan dapat dilakukan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top