Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi 1 Bulan

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi 1 Bulan

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi 1 Bulan dengan Efektif

KonsultasiSehat.com. Bayi merupakan anugrah bagi setiap orang tua dalam kehidupan rumah tangga mereka. Namun, jika bayi mengalami gangguan pada kesehatannya, tentu hal ini membuat keresahan bagi orang tua.

cara mengobati gusi berdarah pada ibu hamil

Gangguan yang biasa terjadi pada bayi  khususnya bayi yang baru lahir yaitu hidung tersumbat, hidung bayi pada usia usia ini sudah mengandung lendir, dan karena hidung merupakan masuknya udara maka lendir ini atau ingus menjadi kering sehingga membuat hidung tersumbat.

Gangguan ini dapat membuat bayi menjadi rewel dan kesulitan untuk bernapas.Oleh karena itu anda sebagai orang tua harus mengetahui cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 1 bulan :

a. Menyedot ingus

Untuk dapat menyedot ingus pada bayi anda harus membeli peralatan khusus yaitu penyedot bayi. Alat ini berbentuk pipa yang berfungsi menyedot ingus pada bayi yang dapat anda peroleh pada apotek apotek terdekat. Penggunaan pipa ini terlebih dahulu anda harus membersihkan bagian ujung dari alat ini dengan menggunakan alkohol, lalu masukkan kedalam hidung bayi namun jangan terlalu dalam.

b. Gunakan NaCl

NaCl atau larutan garam murni yang bisa anda dapatkan pada apotek apotek terdekat. Fungsi dari alat ini ialah untuk melancarkan hidung, dan mengencerkan ingus. Cara penggunaan dari alat  ini ialah dengan memasukkannya pada lubang hidung lalu pencet sehingga mengeluarkan tetesan.

c. Memijat hidung

Selain dengan alat pembantu, ada cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 1 bulan dengan cara yang alami, yaitu dengan memijat hidung. Pijat hidung bayi dengan lembut sampai keluar lendir atu ingus, lalu bersihkan lendir tersebut dengan menggunakan kapas.

d. Nebulizer

Cara terakhir ialah dengan menggunakan semacam minyak kayu putih lalu tuang kedalam air hangat dan letakkan pada sudut rumah yang merupakan tempat pertukaran udara. Cara ini dapat membuat udara menjadi hangat dan nyaman di hidung.

Demikian beberapa tips cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 1 bulan, anda dapat mencobanya dirumah dengan mengikuti petunjuk tersebut secara teratur. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top