Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi 3 Bulan

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi 3 Bulan dengan Mudah

KonsultasiSehat.com. Kondisi kesehatan bayi memang sangat rentan untuk dapat terkena penyakit. Tapi hal ini dirasa wajar karena saat masih kecil pasti sel-sel tubuh akan terus membelah.

cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 3 bulan

Disaat sel-sel tubuh membelah, normalnya seseorang akan mengalami penurunan kondisi kesehatan tubuh.  Misalnya akan terserang panas, batuk dan pilek. Maka dari itu sebagai seorang orang tua pasti merasa sangat khawatir dan akan mencari tahu tentang cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 3 bulan

Berikut ini adalah beberapa hal mengenai cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 3 bulan

  1. Memijat hidung bayi

Anda dapat memijat hidung bayi dengan lembut pada area antara alis dan bagian atas hidung, Oleskan pula minyak atau balsam saat akan memijatnya agar memudahkan pergerakan saat akan memijitnya dan bayi juga bisa merasa nyaman dan hangat. Dengan begitu bayi akan sangat terbantu dalam melegakan hidungnya yang tersumbat. Selain menggunakan minyak atau balsam, anda dapat menggunakan cotton bud, kapas atau kapas untuk menekan hidung bayi yang tersumbat dengan lembut. Tapi perlu anda ingat dan perlu berhati-hati saat melakukannya karena bisa sangat berbahaya jika anda memasukkannya terlalu dalam di hidung bayi.

  1. Mengatur posisi tidur bayi

Saat bayi mengalami hidungnya yang tersumbat, anda dapat memposisikan bayi untuk tidur secara miring. Anda dapat melakukan ini terutama ketika bayi tertidur. Hal ini dapat membantu bayi mengatasi masalah hidungnya yang tersumbat sehingga bisa membuat tidur bayi menjadi lebih nyaman.  Jika hidung bagian kiri yang tersumbat, anda dapat memiringkan posisi tidur bayi kearah samping kiri. Begitu juga sebaliknya. Selain itu posisi kepala nantinya harus lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi tubuh.

Demikianlah hal-hal yang mengenai cara mengobati hidung tersumbat pada bayi 3 bulan yang dapat anda lakukan dengan mudah. Dengan cara-cara yang sudah disampaikan diatas diharapkan anda dapat mengetahui bagaimana caranya untuk mengatasi bayi yang hidungnya tersumbat dengan tepat.

Sebenarnya masih ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya. Tapi cara yang sudah disebutkan sebelumnya sudah merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah bayi dengan hidung yang tersumbat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top