Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengobati Hidung Tersumbat pada Bayi Baru Lahir yang Benar

KonsultasiSehat.com. Kondisi bayi memang sangat rentan untuk bisa terkena penyakit.  Hal tersebut merupakan hal yang dianggap wajar karena pada dasarnya sel-sel manusia akan terus membelah terutama intensitasnya sangat sering terjadi pada anak-anak.

cara mengobati hidung tersumbat pada bayi baru lahir

Saat sel dalam tubuh mengalami pembelahan, biasanya hal tersebut ditandai dengan menurunnya kondisi tubuh seperti halnya panas, pilek dan batuk. Cara mengobati hidung tersumbat pada bayi baru lahir sangat beragam.  Tapi sebagai orang tua tentunya tidak boleh menyepelekan hal tersebut walau hal tersebut dianggap wajar.

Apalagi jika bayi mengalami sakit pilek sehingga hidung tersumbat. Pastinya orang tua bisa merasa khawatir jika tidak tahu cara mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara mengobati hidung tersumbat pada bayi baru lahir

  1. Menghisap ingus

Bayi tentunya masih belum bisa untuk mengeluarkan ingusnya sendiri. Pasti orang tua yang lebih banyak berperan dalam hal ini. Orang tua bisa menggunakan nasal aspirator atau alat yang bisa digunakan sebagai alay penyedot hidung. Alat tersebut berbentuk seperti pipet atau dari pipa plastic yang mempunyai tekstur yang lembut dengan karet penyedot diujungnya. Selain itu sebagai orang tua bisa memasukkan cairan disteril atau alat yang mengandung cairan steril atau bisa menggunakan kapas yang telah diolesi dengan alkohol 70% juga. Tapi anda harus menenangkan kondisi bayi terlebih dahulu sebelum anda akan melakukan penghisapan ingus bayi dengan alat yang tepat. Hal tersebut tentunya juga harus dilakukan dengan lembut supaya hidung bayi nantinya juga tidak teriritasi.

  1. Meneteskan larutan garam murni atau NaCl

Larutan garam murni atau NaCl bisa didapatkan dengan mudah di apotek. NaCl yang dibutuhkan adalah NaCL fisiologis yang sebanyak 0,9% sebesar 20 ml. NaCL ini berguna untuk melembabkan keadaan selaput yang ada didalam saluran pernafasan. Selain itu NaCl dapat melancarkan sumbatan yang ada dihidung dan dapat mengencerkan cairan ingus supaya mudah dikeluarkan.

Demikianlah beberapa cara mengobati hidung tersumbat pada bayi baru lahir saat terserang pilek.  Hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah tentunya karena semua bahan dan alat yang dibutuhkan mudah untuk didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top