Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi Umur 1 Bulan

Cara Mengobati Hidung Tersumbat Pada Bayi Umur 1 Bulan

Cara Mengobati Hidung Tersumbat pada Bayi Umur 1 Bulan yang Tepat

KonsultasiSehat.com. Sel dalam tubuh manusia pasti akan terus berkembang. Hal ini sangat mudah terjadi atau sering terjadi pada anak-anak. Disaat sel membelah, tubuh manusia berada dalam kondisi yang sensitif.

cara mengobati hidung tersumbat pada bayi umur 1 bulan

Maka dari itu anak-anak mudah terserang penyakit seperti panas, batuk dan pilek. Apalagi untuk anak yang baru lahir.  Pasti akan mudah terkena penyakit.  Sebagai orang tua pasti merasa sangat khawatir dan ingin mengetahui cara mengobati hidung tersumbat pada bayi umur 1 bulan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati hidung tersumbat pada bayi umur 1 bulan yang benar

  1. Meneteskan larutan garam murni atau NaCl

NaCl yang digunakan adalah NaCl fisiologis 0,9 % sebanyak 20 ml. Anda dapat memasukkan dengan pipet lalu meneteskannya dengan lembut. NaCl ini dapat dibeli di apotek, tapi anda juga dapat membuatnya dengan mudah. Caranya adalah dengan melarutkan sepertempat sendok teh garam dengan setengah gelas air hangat. cairan ini akan mengencerkan ingus karena selaput dalam saluran pernafasan menjadi lembab. Jika ingus sudah encer, anda dapat menyedotnya dengan pipet yang sebelumnya.

  1. Menekan hidung bayi dengan lembut

Anda dapat menekan dengan lembut hidung bayi agar pernapasan dapat terasa lebih lega.  Pijatan yang dilakukan dengan lembut tersebut mampu membuat pernafasan bayi menjadi rileks sehingga ingus akan keluar lebih mudah. Kemudian anda dapat membersihkan ingus yang keluar dengan kapas atau cotton bud. Tapi anda perlu mengingatnya agar tidak memasukkannya terlalu dalam karena bisa berbahaya bagi penafasan bayi.

  1. Menggunakan balsam

Anda dapat mengoleskan balsam secara langsung di dibagian dada, punggung, dan leher bayi. Anda juga dapat memberi pijatan kecil saat mengoleskannya. Tapi anda jangan memakai balsam seperti yang biasa dipakai oleh orang dewasa. Ada balsam khusus untuk bayi yang tidak panas tapi bisa menghangatkan tubuh.

Demikianlah cara mengobati hidung tersumbat pada bayi umur 1 bulan. Tentunya hal-hal yang sudah disampaikan sebelumnya bisa dengan mudah anda lakukan karena bahan-bahan yang diperlukan memang mudah didapatkan. Apalagi semuanya juga sangat mudah untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top