Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Hamil

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Hamil

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita Hamil Dengan Alami

KonsultasiSehat.com. Pada umumnya infeksi saluran kemih paling banyak dialami oleh wanita. Hal ini disebabkan karena secara anatomi tubuh perempuan memilih saluran kemih yang lebih terbuka serta letaknya yang sangat berdekatan dengan vagina dan anus. Kondisi ini mengakibatkan besarnya kemungkinan kuman vagina dan anus masuk ke dalam saluran kemih.

cara mengobati infeksi saluran kencing pada wanita hamil

Ibu yang sedang menjalani masa kehamilan, ia akan beresiko lebih besar untuk mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan rahim yang terletak di dekat saluran kemih mulai membesar. Sehingga rahim yang membesar itu bisa menekan kandung kemih bahkan menghambat aliran urine yang mengakibatkan terjadinya infeksi. Untuk melakukan cara mengobati infeksi saluran kencing pada wanita hamil haruslah berhati-hati.

Ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih akan menunjukkan beberapa gejala seperti rasa nyeri dan panas saat buang air kecil, warna air seni menjadi keruh, rasa ingin selalu pipis namun air seni yang keluar hanya sedikit. Biasanya cara mengobati infeksi saluran kencing pada wanita hamil adalah dengan memberikan antibiotik yang pastinya takarannya sesuai dengan kondisi wanita hamil.

Tetapi jika infeksi saluran kemih yang dialami ibu hamil sudah parah dan mengenai organ ginjal, maka secara terpaksa bayi yang dikandung harus lahir dengan cara prematur. Hal ini dikarenakan untuk menghindari resiko infeksi yang menyerang bayi anda.

Selain cara mengobati infeksi saluran kencing pada wanita hamil, ada pula cara pencegahan yang perlu anda ketahui agar anda terhindar dari penyakit ini. Mengonsumsi banyak air putih adalah pencegahan yang tepat. Memperhatikan asupan gizi yang seimbang juga penting untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Cara berikutnya adalah jangan menahan air kencing.

Ketika anda ingin buang air kecil, langsung pergilah ke kamar mandi dan buanglah hingga saluran kemih anda kosong. Setelah anda buang air kecil, pastikan anda membersihkan organ intim anda dari arah depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk menghindari kuman dari anus terbawa masuk ke saluran kemih.Selanjutnya gunakan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top