Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Saat Hamil

Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Saat Hamil

Bagaimana Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Saat Hamil?

KonsultasiSehat.com. Bagaimana cara mengobati kaki bengkak pada saat hamil? Kaki yang bengkak pada saat hamil merupakan hal yang selalu menjadi keluhan oleh para ibu hamil. Banyak dikalangan wanita hamil yang memiliki keluhan tersebut hampir 75% yang biasanya mengalami edema pada trisemester akhir.

Cara mengobati kaki bengkak pada saat hamil

Pembekakan yang terjadi biasanya terjadi pada tungkai serta mata kaki yang terjadi awal sekitar pada bulan ke-8. Tetapi terkadang banyak pula orang yang mengalami pembengkakan ini disaat kehamilan ke-6. Pengumpulan serta tertahannya yang berbentuk cairan pada jaringan tubuh memang telah biasa menjadi bengkak yang diakibatkan oleh perubaha hormone. Lalu apalagi yang dapat menjadi penyebabnya? Dapat pula terjadi karena kurangnya aktivitas para ibu. Perlu anda ketahui bahwa pembengkakan pada kaki dan mata kaki tanpa adanya gejala lain maka dianggap normal.

Cara mengobati kaki bengkak pada saat hamil ini dilakukan tanpa adanya gejala lain yang mengikuti, umumnya tidak menimbulkan akibat apapun kecuali terdapat rasa pegel maupun rasa yang tidak enak. Berikut caranya yang dapat anda coba:

  • Sebaiknya bagi para ibu hamil seringlah untuk beristirahat jangan terus untuk berdiri maupun duduk-duduk saja. Anda dapat melakukan bebaring dengan posisi kaki yang lebih tinggi daripada badan lebih baik lagi jika posisi tidur dimiringkan ke arah kiri.
  • Gunakanlah sepatu maupun sandal yang nyaman jangan terlalu tinggi. Dan biasanya bagi ibu selalu memerlukan penambahan ukuran atara 1 atau 2 nomor dari biasanya yang dipakai.
  • Minumlah air putih sedikitnya paling tidak 8-10 gelas perhari. Karena dengan meminum air putih dapat mencegah terhadap timbunya cairan pada jaringan tubuh. Anda dapat meminum sedikit demi sedikit karena jika mengisi perut dengan air putih sekaligus akan merasa malas untuk mengkonsumsi asupan makanan lainnya.
  • Kurangi konsumsi garam secara berlebihan karena dapat memberikan resiko penumpukan cairan pada jaringan tubuh.
  • Pada bagian kaki sebaiknya anda jangan membiasakan untuk menyilang kaki.

Cara mengobati kaki bengkak pada saat hamil inisangat penting sekali untuk anda ketahui karena dengan begitu dapat memberikan solusi terhadap ibu Hamill. Jadi janganlah khawatir ketika mengalami pembengkakan pada kaki maupun mata kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top