Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Kaki Yang Bengkak Saat Hamil

Cara Mengobati Kaki Yang Bengkak Saat Hamil

Inilah Cara Mengobati Kaki yang Bengkak Saat Hamil!

KonsultasiSehat.com. Banyak kalangan ibu hamil yang mengeluh terhadap kakinya yang kerap kali membengkak di sekitar kaki dan mata kaki. Lalu bagaimana cara mengobati kaki yang bengkak saat hamil? Dengan mengatasinya agar tetap nyaman dan sehat serta yang mudah untuk dilakukan saat menjalani kehamilan tersebut.

cara mengobati kaki yang bengkak saat hamil

Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami pembekakan terhadap kakinya. Sesungguhnya ini adalah hal yang wajar dan normal bagi sang ibu jika tidak didampingi dengan gejala lain. Kaki yang bengkak adalah biasa disebut dengan edema atau oedema yang artinya penimbunan cairan. Lalu, mengapa kaki anda membengkak? Karena kaki anda teralu berat untuk memopang tubuh anda yang sesuai dengan seiring usia kehamilan.

Biasanya kaki membengkak diatas usia 7 bulan keatas. Meski ini adalah hal yang biasa sebaiknya anda tidak juga untuk menyepelekan dan harus tetap mewaspadai. Karena kaki yang bengkak tidak menjadikan sang ibu merasa nyaman. Cara mengobati kaki yang bengkak saat hamil adalah sebagai berikut:

  • Bagi para ibu hamil sebaiknya selalu mengganti posisi jangan duduk terlalu lama serta jangan berdiri terlalu lama. Biarlah terus bergerak antara duduk dan berdiri maupun berbaring. Sehingga memberikan kepada sang ibu kenyamanan dan akan membuat aliran darah semakin lancar.
  • Saat sang ibu duduk sebaiknya posisikan kaki lebih tinggi daripada tubuh anda. Yang akan membuat sirkulasi darah semakin lancar. Dan ketika tidurpun sebaiknya menggunakan posisi tersebut berikan bantal pada kaki saat berbaring.
  • Untuk mengatasi kaki yang bengkak bisa juga dengan mengkompres air dingin kepada kaki anda. Kemudian lakukan pemijatan dengan lembut sehingga kaki akan terasa rileks.

Itu adalah cara mengobati kaki yang bengkak saat hamil karena ketika hamil biasanya kaki sang ibu mengalami pembengkakan. Namun anda jangan khawatir, karena ketika ada yang perlu di cegah maupun diatasi dan terdapat caranya mengapa tidak untuk dilakukan. Mengatasi kaki yang bengkak sebenarnya mudah untuk dilakukan dan diusahakan jangan sampai terlalu bengkak. Karena ini akan membuat sang ibu menjadi tidak terasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top