Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Cepat

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Cepat

Penting Bagi Wanita! Cara Mengobati Keputihan Secara Alami dan Cepat

KonsultasiSehat.com. Mayoritas wanita pasti merasa terganggu oleh masalah keputihan yang sering mereka alami. Sebagian menganggap keputihan sebagai hal lumrah dan rutin terjadi sehingga membiarkannya tanpa usaha penanganan. Padahal pada beberapa kasus, keputihan tidak dapat disepelekan karena dapat menjadi gejala dari munculnya penyakit yang lebih berbahaya.

cara-mengobati-keputihan-secara-alami-dan-cepat

Keputihan atau Flour Albus ditandai dengan keluarnya lendir dari vagina dan pada dasarnya memang memiliki batas kenormalan sendiri. Ketika yang terjadi ternyata berupa cairan kekuningan disertai dengan bau amis, gatal di sekitar vagina sampai menimbulkan rasa panas, itu pertanda keputihan Anda memerlukan pengobatan serius. Anda dapat melakukan penanganan dengan cara mengobati keputihan secara alami dan cepat.

Keputihan dapat terjadi karena faktor sekresi atau rangsangan seksual, kurangnya kebersihan organ kewanitaan, stres, infeksi jamur, bahkan bisa juga disebabkan oleh pemakaian obat hormonal dan pil KB. Banyak cara alami untuk mengatasi masalah keputihan:

  • Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang manfaatnya telah teruji secara ilmiah, dan bahkan banyak dikembangkan menjadi produk obat yang lebih modern. Nyatanya secara alami daun sirih mengandung zat-zat yang ampuh membunuh kuman, memiliki antioksidan serta antibakteri. Rebuslah sepuluh helai daun sirih yang telah dibersihkan dan gunakan hasil rebusannya untuk membasuh daerah kewanitaan secara teratur sebanyak tiga kali seminggu.

  • Lidah Buaya

Aloe vera ternyata dapat menjadi salah satu cara mengobati keputihan secara alami dan cepat. Caranya; potong daging dalam lidah buaya lalu diblender, rebus dengan dua gelas air serta tambahan lima helai daun sambiloto. Setelah hangat gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan dua kali sehari.

  • Kunyit

Kunyit berkhasiat menyembuhkan banyak penyakit dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk minuman. Begitupun untuk kasus keputihan. Caranya; parut kunyit, peras airnya, lalu tambahkan asam jawa dan gula jawa. Sebaiknya minumlah dengan rutin ramuan tersebut dua kali sehari.

  • Daun Tapak Liman

Rekomendasi terakhir sebagai cara mengobati keputihan secara alami dan cepat yaitu dengan memanfaatkan khasiat daun tapak liman. Rebuslah dua tanaman tapak liman, mulai dari bentuk akar sampai daunnya dengan dua gelas air. Setelah rebusan tersisa setengahnya, dinginkan, dan minum secara rutin dua kali sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top