Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Wanita / Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Pada Wanita

Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Pada Wanita

Beberapa Cara Mengobati Keputihan Secara Alami Pada Wanita Yang Bisa Anda Ikuti

KonsultasiSehat.com. Sebagai wanita sebuah keputihan merupakan hal yang wajar, keputihan ini biasanya akan anda alami ketika anda haid ataupun ketika anda mendapatkan rangsangan seksual.

cara mengatasi keputihan secara alami pada wanita

Namun bagi anda yang mengalami keputihan tanpa sertai bau dan gatal, anda tidak perlu khawatir. Namun bagi anda wanita yang mengalami keputihan dan disetai cairan bening yang berbau dan gatal, anda perlu waspada karena bila dibiarkan keputihan ini juga dapat menyebabkan kista. Oleh karena itu, sebuah pengobatan untuk mencegah keputihan sangatlah perlu diketahui oleh setiap wanita dewasa dan wanita remaja.

Keputihan ini bisa anda obati dengan obat obatan kimia maupun dengan cara tradisional. Namun kali ini saya hanya akan memberikan beberapa cara mengobati keputihan secara alami pada wanita yang bisa anda lakukan di rumah. Cara pertama untuk pencegahan sekaligus meminimalisir keputihan yaitu dengan memperhatikan kelembapan organ vital anda, selain itu memilih pembalut yang cocok juga cukup ampuh untuk meminimalisir keputihan. Pembalut ini sebaiknya anda ganti minimal 4 sampai 5 jam dalam sehari.

Selain itu, cara mengobati keputihan secara alami pada wanita selanjutnya yaitu seperti menggunakan beberapa bahan tradisional berikut ini. Bahan pertama yang bisa anda gunakan yaitu dengan rebusan daun sirih. Daun sirih ini memang sudah menjadi pengobatan keputihan sejak dahulu. Untuk menggunakan daun sirih ini cukup mudah yaitu dengan merebus 2 sampai 3 liter air dengan 10 – 15 daun sirih. Setelah kurang lebih 15 menit direbus, dinginkan air rebusan tadi sampai dingin, kemudian air rebusan yang sudah dingin tadi dapat digunakan untuk air cebokan.

Selain daun sirih, cara mengobati keputihan secara alami pada wanita juga dapat menggunakan kunyit, kunyit ini juga cukup ampuh untuk mengobati keputihan pada wanita. Kunyit ini digunakan untuk membuat minuman jamu yaitu kunyit asam. Untuk membuat jamu kunyit asam, anda butuhkan ½ kg kunyit, ½ kg gula jawa, garam dan ¼ asam jawa.

Langkah pertama yang digunakan untuk membuat kunyit asam yaitu dengan memarut kunyit kemudian parutan tadi diperas. Setelah itu, air perasan tadi ditambahkan air putih sebanyak 2 liter apabila sudah mendidih campurkan gula jawa, asam dan garam satu sendok makan. Setelah kurang lebih 15 menit, angkat rebusan tadi dan dinginkan. Setelah dingin jamu kunyit asam siap diminum 2 sampai 3 kali dalam sehari untuk mengobati keputihan pada wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top