Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal Secara Alami

Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal Secara Alami

Sejumlah Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal Secara Alami Bisa Dijadikan Referensi Bagi Para Wanita

KonsultasiSehat.com. Dikala siklus menstruasi tiba atau dikala hamil tiba, seorang wanita dewasa dan remaja pasti akan mengalami sebuah keputihan.

cara mengobati keputihan yang gatal secara alami

Namun itu sesuatu yang normal bagi seorang wanita, namun bagi anda yang mengalami keputihan dan disertai bau dan rasa gatal mungkin anda harus waspada. Keputihan yang tidak normal ini apabila tidak diobati dengan serius dapat mengakibatkan sebuah penyakit yang membahayakan yaitu kista.

Oleh karena itu, cara mengobati keputihan yang gatal secara alami harus anda ketahui sejak dini. Cara pengobatan alami yang pertama yaitu dengan menggunakan rebusan air daun sirih. Rebusan ini merupakan cara yang sudah umum dikalangan masyarakat, cara membuat ramuan ini yaitu dengan merebus 10 sampai 15 daun sirih dengan 2 sampai 3 liter air, setelah mendidih lalu dinginkan rebusan tadi.

Air rebusan ini setelah dingin bisa langsung digunakan untuk air pembasuh organ vital anda. Gunakan air ini untuk pembasuh organ vital anda minimal 2 kali sehari ketika anda mandi.

Cara mengobati keputihan yang gatal secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan sambiloto, selain digunakan untuk menurunkan demam pada manusia. Ternyata sambiloto juga dapat untuk mengobati keputihan, untuk menggunakan sambiloto anda dapat membuatnya sebagai ramuan.

Cara membuat ramuan ini yaitu dengan potong 3 sampai 4 buah sambiloto lalu dicampur dengan air kemudian rebus sambiloto dan air tadi. Setelah kurang lebih 15 sampai 20 menit dinginkan air rebusan tadi. Untuk meminum air ramuan ini anda juga dapat menambahkannya dengan gula merah atau beberapa sendok madu untuk mengilangkan rasa pahit sambiloto tadi. Minumlah ramuan ini 2 sampai 3 kali dalam sehari.

Setelah itu, bahan selanjutnya yang dapat anda gunakan yaitu kunyit. Kunyit ini digunakan untuk membuat jamu kunyit asam, untuk membuat jamu kunyit asam cukup mudah anda perlu sediakan ½ kg kunyit, ½ kg gula merah, ¼ kg asam jawa dan garam. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan memarut kunyit, setelah kunyit diparut anda juga dapat menambahkan 2 liter air ke parutan tadi.

Peras ampas kunyit sampai benar benar kering, setelah itu rebus air tadi dengan gula merah, asam jawa dan satu sendok makan garam. Tunggu kurang lebih 15 sampai 20 menit, setelah mendidih anda dinginkan air rebusan tadi. Setelah dingin, jamu kunyit tadi langsung dapat anda minum 2 sampai 3 kali dalam sehari. Itulah beberapa cara mengobati keputihan yang gatal secara alami yang bisa dijadikan referensi bagi anda di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top