Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Kuku Cantengan Yang Sudah Parah

Cara Mengobati Kuku Cantengan Yang Sudah Parah

Cara Mengobati Kuku Cantengan yang Sudah Parah dengan Mudah dan Praktis

KonsultasiSehat.com. Saat ini rasanya banyak yang ingin mengetahui cara mengobati kuku cantengan yang sudah parah apalagi sampai mengeluarkan nanah. Untuk mengatasinya memang banyak yang menagtakan tidak mudah karena memerlukan cara yang tidak mudah.

cara mengobati kuku cantengan yang sudah parah

Biasanya ada yang sampai melakukan pencaputan kuku hingga menjalani operasi. Tapi walaupun sudah melakukan beberapa cara tersebut, biasanya tetap saja masih mengalami cantengan. Bagi anda yang tidak mengetahui apa itu yang namanya cantengan, cantengan atau Paronychia merupakan suatu peradangan yang bisa terjadi pada area kuku jempol tangan hingga jempol kaki.

Biasanya rasanya akan seperti rasa nyeir yang berdenyut-denyut. Kemudian akan membengkak, warnanya juga akan memerah, mengalami nanah hingga nantinya bau yang dikeluarkan juga bisa menjadi tidak sedap.

Sebelum anda mengetahui cara mengobati kuku cantengan yang sudah parah, ada bainya jika anda mengetahui apa penyebab dari adanya cantengan. Biasanya hal ini terjadi karena saat memotong kuku, kuku yang dipotong terlalu pendek sehingga nantinya ujung kuku akan robek. Selain itu saat terlalu ketak memakai sepatu, nantinya kulit akan infeksu dan bisa memicu terkenanya cantengan.

Untuk mengobati cantengan, anda bisa menggunakan obat tradisional seperti dari daun pacar kuku atau pacar jawa yang akan dicampur dengan gula merah, dan air perasan jeruk nipis. Tapi sebelum menggunakan ramuan tersebut, ada baiknya jika anda memastikan bahwa wajah anda sudah dibersihkan.

Kemudian anda hanya perlu menempelkan ramuan yang telah dibuat pada kain basa dan akan dikompreskan pada cantengan.  Agar bisa lebih baik lagi, anda bisa membalutnya dengan kain kasa lalu membiarkannya selama 3 hinga 4 jam.  Jika sudaj anda masih harus menggantinya dengan yang baru lagi.

Cara mengobati kuku cantengan yang sudah parah lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mencampur daun, batang tempuh witang dan gula pasir. Jika sudah halus, anda hanya perlu menempelkannya pada kuku anda yang terasa sakit. Selain itu anda juga bisa menggunakan jahe yang sudah diparut atau dihaluskan. Tapi jangan lupa anda untuk mencampur dengan minyak kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top