Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Kurap Yang Ada Di Selangkangan

Cara Mengobati Kurap Yang Ada Di Selangkangan

Cara Mengobati Kurap yang Ada di Selangkangan dan Pencegahannya

KonsultasiSehat.com. Sebagian besar orang pasti sudah pernah mendengar tentang penyakit kurap. Kurap ini termasuk penyakit yang menyebabkan infeksi kulit oleh jamur (dermatophytes). Penyakit kulit ini dapat menyerang tubuh bagian luar di mana saja bahkan hingga kulit kepala dan juga kuku.

cara mengobati kurap yang ada di selangkangan

Khusus untuk bagian kuku, apa bila sudah terserang oleh jamur penyebab kurap maka kuku akan berubah warna kemudian kuku akan rusak karena adanya jamur yang berkembang biak. Gejala lainnya untuk kurap itu sendiri adalah utamanya gatal yang menyebabkan kulit menjadi bersisik hingga tampak berwarna merah.

Kurap yang paling mengganggu adalah kurap yang ada di selangkangan dekat paha karena apa bila bergesekan dengan celana saat dipakai berjalan maka gatal akan terus terasa. Untuk itu, terdapat cara mengobati kurap yang ada di selangkangan yang perlu disimak.

Salah satu cara mengobati kurap yang ada di selangkangan menggunakan obat tradisional dari bahan alami adalah dengan menggunakan kunyit yang dicampur dengan kapur sirih. Caranya kunyit diparut terlebih dahulu kemudian ditumbuk setengah halus serta ditambahkan kapur sirih, baru setelah itu dioleskan pada kurap. Ramuan ini dapat digunakan 2 kali setelah mandi.

Selain itu, ada pula ramuan daun tembakau untuk membasmi kurap. Caranya menumbuk daun tembakau hingga halus kemudian langsung dioleskan pada kurap dan lakukan secara rutin yakni 1-2 kali dalam sehari. Kedua ramuan tersebut harus digunakan secara rutin terus-menerus hingga kurap di kulit benar-benar hilang.

Penyakit kurap ini dapat dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan menjaga kebersihan pakaian. Saat mencuci sebaiknya menggunakan detergen yang dicampur air hangat agar efektif membunuh jamur yang menempel pada pakaian. Bersihkan pula tangan maupun kaki hingga bagian kuku agar jamur tidak mudah hinggap.

Khusus untuk daerah selangkangan sebaiknya selalu membilasnya menggunakan air sabun saat mandi, tetapi apa bila jamur penyebab kurap tiba-tiba muncul maka selalu ingat cara mengobati kurap yang ada di selangkangan dengan bahan-bahan yang sudah dijabarkan di atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top