Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Luka Jatuh Agar Cepat Kering

Cara Mengobati Luka Jatuh Agar Cepat Kering

Cara Mengobati Luka Jatuh Agar Cepat Kering dan Sembuh

KonsultasiSehat.com. Terkadang tak disangka kita mengalami kecelakaan kecil seperti jatuh yang membuat luka di bagian tubuh kita, misalnya kaki dan tangan.

Cara Mengobati Luka Jatuh Agar Cepat Kering

Disaat seperti itu kita harus segera mengobatinya agar tak terjadi infeksi. Namun kadang sebagian orang bingung bagaimana cara mengobati luka jatuh Agar cepat kering sehingga membiarkannya begitu saja tanpa penanganan yang tepat. Padahal, penanganan segera sangat diperlukan untuk menghindari luka menjadi lebih parah atau infeksi.

Selain itu, luka yang masih basah juga biasanya akan terasa perih dan cukup menyiksa, bahkan jika terlihat oleh orang lain mungkin akan membuat kita tidak percaya diri. Maka berikut akan dibahas mengenai cara-cara penanganan terhadap luka akibat jatuh agar cepat kering yang dapat anda menangani pengobatan luka sendiri.

Jika anda atau orang disekitar anda mengalami kecelakaan kecil seperti jatuh dan menyebabkan terdapat luka basah, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencuci luka tersebut. mencuci luka bertujuan untuk menghindari luka dihuni oleh kuman-kuman atau tanah dan pasir yang menempel. Selain itu dengan mencuci luka sampai bersih, maka obat yang anda berikan pada luka akan bekerja dengan maksimal karena tidak terhalang oleh tanah dan debu.

Selanjutnya, cara mengobati luka jatuh agar cepat kering adalah dengan menggunakan rivanol. Rivanol adalah obat yang digunakan untuk menetralkan luka, serta membersihkan luka yang tersisa setelah dibersihkan dengan air, hal ini dilakukan demi menghambat pembusukan luka dan juga menghambat pertumbuhan kuman.

Dalam memberikan rivanol ke luka baiknya tidak menggunakan kapas karena biasanya serat kapas menempel pada luka, gunakanlah kain. Berikan rivanol secara perlahan dan jika perlu diulangi agar luka benar-benar bersih dari kuman. Selain membersihkan luka, anda juga bisa menggunakan obat penyembuh luka agar semakin mempercepat proses pengeringan luka, seperti misalnya betadin.

Selain upaya penanganan cepat tersebut, diusahakan juga menghindarkan luka dari siraman air, misalnya saat mandi. Anda pun perlu untuk mengonsumsi makanan yang sehat agar luka cepat kering. Semoga cara mengobati luka jatuh agar cepat kering dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top