Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Mata Merah Dengan Daun Sirih

Cara Mengobati Mata Merah Dengan Daun Sirih

Murah dan Berkhasiat : Cara Mengobati Mata Merah dengan Daun Sirih

KonsultasiSehat.com. Air  perasan atau air hasil olahan daun sirih memang kerap kali digunakan oleh sebagian besar masyarakat untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit dan keluhan tertentu, salah satunya untuk mengobati iritasi ringan pada mata atau konjungtivitas.

cara mengobati mata merah dengan daun sirih

Cara mengobati mata merah dengan daun sirih memang sangat mudah, dan tentunya murah. Tetapi, yang harus diperhatikan oleh  anda yang hendak menggunakan air perasan daun sirih ini ialah, kebersihan dan kehigienisan pengolahan obat tradisional tersebut. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang yang malah terinfeksi penyakit lain yang disebabkan tidak bersihnya pengolahan obat tradisional dari daun sirih tersebut. Menurut penelitian memang kandungan dalam air daun sirih mampu membunuh berbagai jenis kuman dan bakteri penyebab iritasi

Poin penting dalam cara mengobati mata merah dengan daun sirih ialah, hiegenis atau tidak proses yang anda lakukan. Jika anda langsung mengucek-ngucek daun sirih dan meneteskan perasannya ke mata, bisa-bisa mata anda menjadi jamuran, dan jika sudah mengenai kornea bisa menyebabkan kebutaan. cara untuk mengobati mata merah dengan menggunakan daun sirih sangatlah mudah dan murah.

Pertama siapkan beberapa lembar daun sirih merah, kurang lebih 4 lembar. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dengan air mengalir. Kedua, rebuslah 4 helai daun sirih merah tersebut ke dalam kurang lebih 200 ml air agar kuman dan bakterinya bisa benar-benar mati. Setelah mendidih segera angkat ( jangan terlalu lama di rebus )  dan saring air rebusan tadi, lalu diamkan sampai benar-benar dingin.

Ketiga, anda bisa langsung membersihkan mata anda menggunakan air rebusan daun sirih tadi, dengan cara merendamkan mata anda ke air rebusan tadi. Keempat, untuk mempermudah anda dalam melakukan pengobatan, tampung air rebusan tadi ke gelas, lalu bilas ke mata anda yang mengalami infeksi mata merah (konjungtivitas).

Lakukan pengobatan ini sebanyak  kali sehari. Dengan melakukannya secara rutin serta dengan tetap menjaga kebersihan selama pengolahan, mata merah anda bisa berangsur-angsur sembuh. Demikian pembahasan cara mengobati mata merah dengan daun sirih semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top