Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Mata Yang Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Mata Yang Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Mata Yang Bengkak Secara Alami Menggunakan Daun Sirih

KonsultasiSehat.com. Bengkak pada mata sebenarnya bukan masalah serius. Kecuali bila mata bengkak diikuti dengan rasa sakit yang menyengat serta pusing, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Namun, jika mata bengkak disebabkan oleh alergi, hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. Biasanya, bengkak pada mata disebabkan oleh beberapa hal.

cara mengobati mata yang bengkak secara alami

Diantaranya adalah polusi, iritasi, gigitan serangga, benturan, dan menangis secara berlebihan. Tetapi, ada juga kasus yang jarang terjadi ketika bengkak pada mata disebabkan karena reaksi kimia tertentu, seperti pada alergi obat. Anda tidak sama sekali khawatir ketika bangun dan mendapati mata anda bengkak. Faktanya, bengkak pada mata bisa diatasi secara alami.

Karena indonesia merupakan negara tropis dimana hampir semua tanaman obat bisa tumbuh, maka terdapat berbagai tanaman yang bisa mengobati mata bengkak. Salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati mata yang bengkak secara alami adalah daun sirih. Langkah untuk membuatnya cukup mudah, siapkan enam helai daun sirih,tambahkan 2 gelas air dan sedikit garam, lalu rebus hingga matang.

Setelah matang, tunggu sampai suhu air menjadi suam-suam kuku. Setelah itu, saring rebusan tadi sehingga airnya murni terpisah dari daun sirih. Teteskan beberapa tetes air yang sudah disaring dan kedipkan mata beberapa kali. Cara menggunakan daun sirih ini baik digunakan pada pagi atau malam hari.

Akan tetapi, sebelum anda mengaplikasikannya. Anda harus benar-benar yakin semua medium yang dipakai untuk membuat ramuan daun sirih tadi benar-benar bersih dan higenis. Tidak jarang justru timbul infeksi lain setelah menggunakan ramuan daun sirih.

Kenapa? Beberapa penyebabnya bisa jadi anda tidak mencuci daun sirih sebelum direbus, saringan, panci yang digunakan untuk merebus daun sirih kotor. Jika anda tidak yakin akan kebersihan medium untuk membuat ramuan daun sirih, sebaiknya anda tidak mengaplikasikannya.

Lebih baik, anda rajin mencuci muka dengan air dingin dan tidur cukup agar tidak terjadi bengkak pada mata. Kesimpulannya, ada banyak sekali cara mengobati mata yang bengkak secara alami tanpa harus mempertaruhkan mata. Setelah bengkak hilang, jaga pola tidur agar bengkak mata tidak kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top