Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Panas Dalam Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Panas Dalam Pada Ibu Hamil

Tips Mudah Cara Mengobati Panas Dalam Pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Kondisi kesehatan perempuan yang sedang hamil memang harus benar-benar dijaga. Hal ini karena menyangkut kesehatan dan keselamatan janin yang sedang dikandung olehnya.

cara mengobati panas dalam pada ibu hamil

Selain menjaga kesehatan, sang ibu juga harus tetap melakukan berbagai aktivitas olahraga ringan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta juga bermanfaat untuk meningkatkan endurance saat melahirkan nantinya. Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan seperti berenang, jogging dan lain sebagainya. Dalamartikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati panas dalam pada ibu hamil. Panas dalam yang dimaksud disini ialah heartburn atau rasa panas dibagian dada dan atau ulu hati. Biasanya terjadi pada trismester ketiga usia kehamilan.

Heartburn merupakan kondisi dimana ibu yang sedang hamil merasakan panas seperti terbakar di bagian dada dan ulu hati, bahkan ada yang merasa di tusuk-tusuk pada bagian ulu hatinya. Hal ini lumrah terjadi pada ibu yang sedang mengandung.

Hal ini dikarenakan makanan yang telah masuk ke lambung terdorong kembali ke kerongkongan karena naiknya kadar asam lambung akibat Rahim yang semakin membesar.. akibatnya akan terjadi iritasi pada kerongkongan karena makanan tercampur dengan asam lambung yang bersifat asam. Naiknya asam lambung disebabkan oleh hormone progesterone saat kehamilan Berikut cara mengobati panas dalam pada ibu hamil yang bisa anda lakukan secara mudah, murah, dan tidak begitu menyita waktu anda.

Pertama, makan sedikit namun sering.  Hal ini bertujuan untuk mencegah perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama sehingga asam lambung bisa dinormalkan.  Selain itu juga memiliki tujuan agar kebutuhan nutrisi ibu hamil bisa tercukupi. Kedua, hindari makanan pemicu panas dalam.

Cara paling muda ialah menghindari penyebabnya, hindari makanan yang mengandung lemak berlebih, berbumbu tajam makanan yang mengandung asam, minuman mengandung kafein, dan makanan pedas. Ketiga, hindari tidur sesaat setelah makan ( termasuk berbaring). Hal ini akan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Demikian pembahasan mengenai cara mengobati panas dalam pada ibu hamil semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top