Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Panas Demam Pada Orang Dewasa

Cara Mengobati Panas Demam Pada Orang Dewasa

Beberapa Cara Mengobati Panas Demam Pada Orang Dewasa

KonsultasiSehat.com. Demam yaitu ketika tubuh memproduksi panas di atas normal, tubuh lebih banyak menghasilkan panas dibanding mengeluarkan panas. Suhu normal tubuh biasanya 36 sampai dengan 38 C. Demam ini merupakan proses di mana tubuh sedang berperang melawan virus.

cara mengobati panas demam pada orang dewasa

Demam sebenarnya ini benar, karena tubuh sedang bertahan terhadap serangan virus. Demam juga dapat memacu sel darah putih atau leukosit untuk melawan penyakit, sehingga ketika suhu tubuh meningkat leukosit akan bekerja lebih maksimal. Demam juga tidak hanya dapat terjadi pada anak-anak. Orang dewasa juga sering mengalami demam.Cara mengobati panas demam pada orang dewasa tidak jauh berbeda dengan penanganan demam yang menyerang anak-anak.

Demam yang merupakan proses tubuh memproduksi panas lebih tinggi, sehingga pengobatannya pun dengan cara mengeluarkan suhu panas tersebut. Hal ini juga tidak terlalu sulit. Tetapi juga jangan dianggap remah. Demam dapat berakibat fatal jika suhu tubuh semakin meningkat dan melampaui batas yang tidak semestinya.

Untuk orang dewasa dapat lakukan dengan cara mengobati panas demam pada orang dewasa antara lain mengurangi suhu tubuh Anda terlebih dahulu. Boleh dengan cara mengkompres, sebaiknya gunakan air hangat. Kompres pada bagian ketiak atau mandi dengan air hangat.

Mandi kecil dengan air hangat ini dapat melebarkan pori-pori dan memperlancar aliran darah, sehingga dapat mengeluarkan suhu panas tubuh. Setelah itu turunkan suhu panas tubuh dengan selumut, hindari menyelimuti ketika suhu masih panas, karena dapat mengakibatkan kejang-kejang. Kemudian banyak minum air hangat. Demam akan banyak mengeluarkan cairan, sehingga tubuh akan mengalami dehidrasi. Perbanyaklah minum air putih, terutama yang hangat.

Itulah beberapa cara mengobati panas demam pada orang dewasa. Pertolongan pertama tersebut perlu Anda lakukan sebelum membawanya ke dokter atau memberikan obat-obat penurun panas lainnya. Pertolongan pertama tersebut juga dapat dilakukan untuk demam yang menyerang pada anak-anak. Tak hanya itu, demam juga dapat diobati dengan resep-resep tradisional yang dapat dibuat sendiri dan diberikan pada saat penyakit panas ini kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top