Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Penyakit Cacar Air pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Cacar Air pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Cacar Air Pada Anak Secara Tepat

KonsultasiSehat.com. Penyakit herpes atau yang lebih umum dikenal cacar air dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Cacar air yang disebabkan oleh virus Varicella zoster ini bisa menyebar melalui udara atau aerogen sehingga dengan cepat berpindah pada orang lain. Selain itu kontak fisik dengan penderita cacar air semakin meningkatkan risiko tertular, seperti melalui batuk, bersin, dan pakaian yang tercemar gelembung cacar yang telah pecah.

Cara-Mengobati-Penyakit-Cacar-Air-pada-Anak

Pakar kesehatan menyebutkan seseorang yang pernah terkena herpes akan menjadi lebih kebal terhadap serangan infeksi virus itu. Jika anak Anda terserang infeksi herpes, artinya Anda perlu mengetahui cara mengobati penyakit cacar air pada anak secara tepat.

Seorang anak yang terinfeksi cacar air biasanya akan menunjukkan gejala-gejala seperti; cepat merasa lelah, pilek, demam, sakit kepala, hilangnya nafsu makan, serta nyeri sendi. Kemudian beberapa hari berikutnya akan ditandai pula dengan munculnya bintik-bintik merah pada permukaan kulit yang berisi cairan dan terasa gatal. Pengobatan cacar air yang menyerang anak memang bukan hal yang instan karena setidaknya membutuhkan waktu hingga mingguan.

  1. Hal pertama yang dibutuhkan orang tua dalam melakukan cara mengobati penyakit cacar air pada anak adalah; jangan panik. Sebaiknya istirahatkan anak Anda di rumah dan melarangnya keluar terutama saat cuaca terlalu panas atau justru sedang dingin. Langkah tersebut bertujuan menghilangkan risiko alergi yang lebih parah pada cacar air.
  2. Hindari konsumsi makanan bersuhu dingin karena bisa jadi melemahkan daya tahan tubuh anak. Daya tahan tubuh yang lemah dapat memudahkan serangan virus cacar air.
  3. Selektif memilih makanan untuk anak. Sebisa mungkin cukupi asupan gizi anak serta hindari makanan yang mengandung minyak berlebih dan berbau amis.
  4. Berikan obat-obatan secara tepat; diantaranya untuk menurunkan demam anak (sesuai dosis), krim atau lotion untuk mengatasi rasa gatal, dan gunakan sabun anti-septik untuk memandikan anak Anda.
  5. Berikan minuman pada anak Anda untuk mengatasi dehidrasi yang kemungkinan besar dialami penderita cacar air.
  6. Terakhir yang dapat ditempuh sebagai cara mengobati penyakit cacar air pada anak adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan termasuk masalah pakaian dan memastikan kuku anak tetap pendek.

Demikianlah beberapa cara mengobati cacar air pada anak yang dapat anda coba sendiri di rumah. Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top