Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Penyakit Cantengan Di Jempol Kaki

Cara Mengobati Penyakit Cantengan Di Jempol Kaki

Inilah Cara Mengobati Penyakit Cantengan Di Jempol Kaki

KonsultasiSehat.com. Penyakit cantengan atau paronychia merupakan terjadinya peradangan pada bagian kuku. Baik kuku pada jempol tangan maupun kuku pada jempol kaki. Tanda-tanda cantengan adalah terasa perih, kulit di sekeliling jempol kemerah-merahan , nyeri berdenyut bahkan mengeluarkan nanah.

cara mengobati penyakit cantengan di jempol kaki

Nah, bagi anda yang mengalami tanda-tanda tersebut maka anda jangan menyepelekannya. Karena apabila hanya didiamkan akan malah semakin parah. Sebenarnya cantengan dapat anda hindari, yaitu jangan menggunakan sarung tangan atau kaos kaki yang terlalu ketat, sepatu yang terlalu ketat,  musknahkan kebiasaan menggigit kuku, serta jangan mengorek-ngorek kuku terlalu dalam ketika memotong dan membersihkan kuku. Berkaitan dengan penyakit cantengan tersebut , maka artikel ini akan membagi informasi mengenai  cara mengobati penyakit cantengan di jempol kaki. Ingin tahu caranya seperti apa? Simak cara-cara dibawah ini.

Berikut adalah cara mengobati penyakit cantengan di jempol kaki. Pertama anda dapat menggunakan menggunakan krim antibiotik khusus untuk cantengan, anda dapat membelinya di apotek terdekat . dengan mengunakan krim , anda cukup mengoleskan saja pada bagian kuku  jempol yang terkena cantengan. Kedua anda dapat menggunakan minyak tawon.

Nah dengan menggunakan minyak tawon anda cukup mengoleskannya dengan menggunakan kapas pada bagian kuku jempol  yang terkena cantengan. Namun apabila anda ingi cara yang alami , anda dapat menggunakan air hangat dan garam cara ini sangatlah mudah. dengan ketelatenan dua kali dalam sehari hingga cantengan anda sembuh.

Dengan cara kaki anda di rendam selama 15 menit saja. Cara yang keempat anda dapat membuat ramuan sendiri menggunakan daun dewa.caranya sangatlah mudah, ambil daun dewa, cucilah hingga bersih dan anda tumbuk hingga halus lalu tempelkan pada jempol kaki yang terkena cantengen.

Kelima, bila anda kesusahan mencari daun dewa, anda dapat membuat ramuan dengan bahan daun pacar kuku , jeruk nipis dan gula merah. Cara membuat ramuannya : cuci bersih ketiga bahan tadi, lalu haluskan daun pacar kuku dan gula merahnya.

Campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Terakhir kompres pada jempol kaki anda yang terkena cantengan ,agar ramuan meresap maka anda dapat menutupnya dengan kain kasa. Itulah beberapa informasi mengenai cara mengobati penyakit cantengan di jempol kaki, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top