Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Penyakit demam Berdarah Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit demam Berdarah Secara Alami

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit demam Berdarah Secara Alami?

KonsultasiSehat.com. Menghadapi musim peralihan dari penghujan ke musim kemarau tidak semata mewajibkan kita waspada pada meningkatnya suhu udara yang akan membuat kita gerah. Pada masa seperti ini juga kita harus mewaspadai maraknya kedatangan spesies nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk hitam berbelang putih itu berkembang biak dengan subur di genangan air pada bak mandi, vas bunga, dan tempayan.

cara-mengobati-demam-berdarah-secara-alami

Gigitan nyamuk Aedes aegypti biasanya terjadi pada pagi atau sore hari. Satu hal yang mengerikan dari gigitannya ialah virus Dengue yang menyebabkan demam berdarah. Jangan panik jika Anda menemukan tanda-tanda demam berdarah karena berikut ini ada paparan mengenai cara mengobati penyakit demam berdarah secara alami.

Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya mengalami panas tinggi dengan suhu badan bisa mencapai angka 40 ͦC. Selain itu muncul pula bintik-bintik merah pada kulit, mimisan, muntah darah, serta terjadi pendarahan pada petekia, akimosis, atau purpura. DBD merupakan penyakit yang bisa mewabah dan menyerang siapa saja hingga menyebabkan kematian.

Kita dituntut cepat menanganinya dengan memilih pergi ke dokter atau mengkombinasikannya dengan cara mengobati penyakit demam berdarah secara alami. Tindakan pertama dan sederhana dapat dilakukan dengan mengompres untuk menurunkan panas serta memberikan banyak air putih untuk diminum si penderita. Terdapat pula bahan-bahan alami yang diyakini dapat membantu proses penyembuhan DBD.

  1. Yang paling umum adalah khasiat dari jus jambu biji. Meminum jus jambu biji hingga 6 gelas sehari akan menolong pasien setelah mengalami penurunan trombosit. Meskipun menurut penelitian bagian paling bermanfaat untuk menaikkan trombosit sebenarnya terletak pada daun jambu biji.
  2. Selain jenis jus, air kelapa muda juga berkhasiat mengatasi syok akibat kekurangan cairan pada penderita demam berdarah. Air kelapa muda mengandung berbagai zat bermanfaat setara atau seimbang dengan cairan tubuh manusia.
  3. Selanjutnya tanaman alang-alang/ Imperata cylindrica (L) Beauv juga dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengobati penyakit demam berdarah secara alami karena memiliki banyak kandungan zat yang bersifat menurunkan panas, menghentikan pendarahan, dan meluruhkan kemih.
  4. Dan bahan alami terakhir adalah angkung yang berfungsi enangani kekurangan cairan tubuh seperti pada kasus demam berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top