Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Pada Anak Bayi

KonsultasiSehat.com. Sakit radang tenggorokan (faringitis) tentu sangat mengganggu aktivitas keseharian anak. Anak yang biasanya bisa riang bermain dan bernyanyi, karena sedang sakit radang tenggorokan maka akan mengurangi keceriaan anak.

cara mengobati penyakit radang tenggorokan pada anak

Anak akan lebih sering rewel dan menangis karena merasakan gatal dan tidak nyaman pada tenggorokannya. Selain itu makan pun menjadi terganggu karena untuk menelan makanan saja akan sakit rasanya tenggorokan ketika sedang sakit radang tenggorokan. Maka dari itu ibu harus cermat dalam mencari cara mengobati penyakit radang tenggorokan pada anak.

Radang tenggorokan pada anak bisa diobati dengan banyak cara. Akan tetapi, cara alami tentu akan lebih baik karena dapat meminimalisir efek samping yang akan muncul karena mengkonsumsi obat tersebut. Salah satu cara mengobati penyakit radang tenggorokan pada anak yakni dengan jeruk nipis.

Obat tradisional yang secara turun temurun telah menjadi senjata ampuh untuk mengobati penyakit radang tenggorokan disertai batuk, yakni Belah jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian peras jeruk nipis tersebut hingga sari-sari dari jeruk nipis itu keluar. Kemudian tambahkan dua sendok madu dan aduk rata dengan sari jeruk nipis tersebut. Madu sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Minumlah racikan seperti itu tiga kali sehari.

Selain dengan jeruk nipis, cara mengobati penyakit radang tenggorokan pada anak dapat pula dilakukan dengan cara menjauhi penyebab yang menimbulkan anak menderita sakit tersebut. Misalnya polusi udara, terutama asap rokok, kemudian makanan pedas dan terlalu manis, meminum air putih hangat yang banyak. Air putih hangat sangat bagus untuk tubuh kita. Setiap kali gatal melanda pada tenggorokan anak, berikanlah air putih hangat atau bisa juga ditambahkan satu sendok madu.

Jangan lupa untuk menjadwalkan waktu istirahat yang cukup untuk anak anda. Karena terlalu banyak aktivitas dapat memperlambat tubuh untuk melakukan kekebalan alaminya. Jangan sampai salah memberikan obat. Lakukanlah pengobatan yang benar sesuai jenis penyakit yang diderita oleh si anak. Entah itu disebabkan oleh virus atau disebabkan oleh bakteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top