Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi 1 Bulan

Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi 1 Bulan

Cara Mengobati Perut Kembung Pada Bayi 1 Bulan yang Tepat

KonsultasiSehat.com. Apakah bayi anda sering menangis dan rewel seperti merasa tidak nyaman karena kondisi tubuhnya? kebanyakan hal tersebut terjadi karena perut sang bayi yang membesar karena adanya peningkatan gas dalam saluran pencernaan.

cara mengobati perut kembung pada bayi 1 bulan

Perut yang membesar akibat peningkatan jumlah gas tersebut sering kali di sebut dengan istilah kembung. Untuk bayi yang belum berumur 4 bulan, sangat wajar untuk mengalami hal tersebut karena organ pencernaan belum bisa bekerja dengan maksimal. Hal tersebut membuat gas yang ada di dalam perut dan usus meningkat. Bagi anda para ibu tidak perlu merasa khawatir akan kejadian hal tersebut. Di sini kami akan berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara mengobati perut kembung pada bayi 1 bulan dengan tepat.

Sebelum kita membahas cara mengobati perut kembung pada bayi 1 bulan, apakah anda sudah tahu hal yang dapat menyebabkan perut si bayi menjadi kembung selain karena organ pencernaannya yang belum bisa bekerja secara maksimal? selain hal tersebut, tentu ada beberapa faktor mengapa gas dalam perut menjadi meningkat jumlahnya seperti karena kekurangan nutrisi.

Bayi yang sulit untuk menerima susu formula juga akan menyebbkan pengingkatan gas dalam usus atau gangguan metabolisme. Untuk mendetekasi perut bayi yang kembung, anda bisa melihatnya. Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk si bayi yaitu menepuk dengan lembut di bagian punggung.

Tepuk lah punggung si bayi dengan lembut sembari di gendong. Tepuk – tepuk terus hingga bayi bersendawa. Dengan bersendawa tentu akan mengurangi jumlah gas yang ada di dalam perut si bayi. Kemudian cara mengobati perut kembung pada bayi 1 bulan yang ke dua dengan menggosok perut bayi.

Gosok lah perut bayi dengan lembut, bisa juga anda menggunakan minyak telon saat menggosoknya agar memberikan sensasi kehangatan pada tubuhnya. Dan yang selanjutnya dengan cara memberikan air hangat untuk di minum oleh si bayi. Air hangat juga bisa anda gunakan untuk memandikan si bayi agar perut kembung yang di alami pulih secara perlahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top