Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Tips Praktis dan Sederhana Cara Mengobati Perut Kembung Pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Perut kembung tentunya akan membuat setiap orang tidak nyaman, tidak terkecuali untuk ibu hamil. Pada ibu yang memasuki tahap awal kehamilan merupakan tahap yang paling sering mengalami perut kembung ini.

Cara mengobati perut kembung pada ibu hamil

Sebenarnya gejala perut kembung ini saat erat kaitannyadengan masuk angin, cara penanganannya juga sudah semua orang mengetahui, namun, akan berbeda penanganannya jika yang mengalaminya hamil. cara mengobati perut kembung pada ibu hamil ini sedikit berbeda dengan perut kembung pada umumnya, hal ini karena berkaitan dengan janin bayi yang sedang dikandung sang ibu. Selama masa kehamilan sang ibu akan sering mengalami perut kembung karena ada perubahan hormone saat kehamilan. Hornon progesterone merupakan hormone akan semakin meningkat jumlahnya saat kehamilan

Meningkatnya hormone tersebut, akan membuat otot menjadi rileks, termasuk otot pencernaan ikut menjadi rileks. Relaksasi yang terjadi akan memperlambat proses pencernaan sang ibu. Hal tersebut pada akhirnya akan menyebabkan gas dalam tubuh semakin menumpuk, sedangkan mekanisme untuk mengeluarkannya sedikit terhambat karena otot-otot yang berkaitan dalam keadaan rileks.

Sehingga muncullah keluhan tidak nyaman saat menjalankan aktivitas, perut terus terasa penuh, sering bersendawa dan lain sebagainya. Cara mengobati perut kembung pada ibu hamil ini akan kita bahas setelah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Perut yang kembung ini juga akan diperparah lagi dengan keadaan Rahim yang semakin membesar sehingga menimbulkan banyak rongga.

Cara mengobati perut kembung pada ibu hamil yang bisa anda coba diantaranya ; pertama,  minum jahe hangat. Jahe hangat merupakan minuman yang cukup populer dikalangan masyarakat. Khasiatnya yang beragam termasuk untuk mengatasi perut kembung bisa anda coba. Untuk menambah khasiatnya anda bisa menambahkan madu, dan minumlah langsung selagi hangat.

Minuman jahe ini dapat menghilangkan kembung secara cepat sehingga cukup efektif. Kedua, teh manis hangat. Agar lebih efektif gunakanlah the seduh jangan the celup, karena kandungannya lebih aktif. Tambahkan juga lemon dan madu untuk menambah rasa dan khasiat. Demikian pembahasan dalam artikel kali ini semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top