Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir

Tips Murah dan Sederhana Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Baru Lahir

KonsultasiSehat.com. Walaupun umur bayi anda masih beberapa hari, namun pilek dan flu bisa saja menyerang buah hati anda. jangan panik terlebih dahulu, karena cukup banyak juga bayi yang mengalami hal serupa dengan yang bayi anda alami.

cara mengobati pilek pada bayi baru lahir

Flu ini disebabkan oleh virus dari kelompok RNA, namun juga terkadang berasal dari bakteri yang menginfeksi bayi. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati pilek pada bayi baru lahir. Cara yang akan dijelaskan nanti merupakancara-cara sederhana namun cukup ampuh dan efisien untuk membantu meringankan sampai menyembuhkan gejala flu bayi anda. gejala yang biasa muncul ialah batuk dan hidung mengeluarkan cairan bening yang biasanya juga diikuti demam, biasa terjadi 2-3 hari.

Cara mengobati pilek pada bayi baru lahir ini tidak susah, jangan terburu-buru untuk membawa bayi anda ke dokter terlebih dahulu, karena bagaimanapun pengobatan yang dilakukan langsung oleh sang Ibu bisa lebih baik. Cara mengatasinya ialah, pertama, jangan menghentikan pemberian ASI.

Tetap berikan asi tetapi jangan menggunakan botol, harus langsung melalui anda sebagai Ibu. Gerakan eustachius saat menghisap ASI, akan menutup saluran yang menghubungkan hidung dan telinga, sehingga bisa mencegah bakteri menyebar ke bagian telinga dan menginfeksinya. Kedua,  jika suhu tubuh mencapai 38,5 derajat celcius, segera berikan obat penurun panas khsusus bayi untuk menghindari kejang.

Ketiga, jangan terburu-buru untuk memberikan anti biotik, karena biasanya penyakit  ini disebabkan oleh virus. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter anak apakah ada bakteri yang menginfeksi bayi anda. keempat, agar bayi anda bisa bernafas lebih lega yang disebabkan tersumbatnya hidung, anda bisa melakukan cara penguapan untuk menghilangkan cairan bening di hidungnya, menepuk-nupuk punggungnya dalam posisi telungkup, atau dengan cara menyedotnya dengan alat  penyedot lendir.

Untuk  tindakan pencegahan, anda bisa memberikan bayi anda vaksin influenza agar bayi anda bisa lebih keba terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus dan atau bakteri ini Demikianlah pembahasan mengenai cara mengobati pilek pada bayi baru lahir semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top