Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Usia 6 Bulan

Lima Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Usia 6 Bulan Secara Tradisional

KonsultasiSehat.com. Pilek adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi yang masih berusia 6 bulan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara tradisional tanpa menggunakan obat-obatan.

cara mengobati pilek bayi usia 6 bulan

Hal ini karena bayi 6 bulan masih harusnya diobati dengan bahan alami tanpa kimia agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Untuk itu, bila bayi terserang pilek, ada beberapa cara mengobati pilek bayi usia 6 bulan yang bisa dilakukan. Pertama, biarkan dia berisitirahat dengan cukup agar daya tubuhnya meningkat. Kedua, pastikan bunda memberikan asupan ASI berkualitas, dengan cara mengkonsumsi makanan serta minuman yang berkualitas pula, agar bayi juga mendapatkan ASI yang bagus untuk tubuhnya.

Cara mengobati pilek pada bayi usia 6 bulan yang ketiga adalah dengan memperhatikan sirkulasi udara kamar bayi agar tetap baik. Udara kamar yang pengap akan semakin memperparah kondisi pilek bayi usia 6 bulan. Ketika bayi tertidur, tengoklah dia setidaknya 3 hingga 4 jam sekali.

Ini untuk memastikan bahwa suhu badan bayi masih dalam taraf normal, tidak lebih dari 38°C. Jika lebih dari itu, bawa bayi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik. Adapun cara yang keempat adalah dengan menjemur bayi di bawah kehangatan sinar matahari pagi selama beberapa menit. Ini agar bayi menerima kehangatan di seluruh tubuhnya sehingga pilek bisa diusir dengan mudah.

Cara mengobati pilek pada bayi usia 6 bulan yang kelima adalah dengan mengoleskan balsem di bagian dadanya. Namun perlu diingat, bahwa jangan mengoleskan balsem langsung pada kulit. Cukup oleskan pada bagian baju depan saja untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Selain itu, pilihlah balsem yang tidak terlalu panas sehingga kulit bayi akan terhindar dari kemungkinan iritasi. Selain 5 cara tersebut, ada satu larangan yang biasanya sering dilakukan oleh orang tua yakni menyedot lendir hidung langsung dengan mulut. Meskipun sudah biasa, namun bisa saja anda tertular virus dari bayi sehingga kemungkinan untuk menyembuhkan penyakit pilek semakin kecil. Agar aman, gunakan pipet khusus untuk menyedot lendir hidung pada bayi yang pilek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top