Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Sakit Asam Urat Secara Tradisional

Cara Mengobati Sakit Asam Urat Secara Tradisional

Daun Sirsak Kulit dan Manggis: Cara Mengobati Sakit Asam Urat Secara Tradisional

KonsultasiSehat.com. Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai atau diderita oleh sebagian besar orang lanjut usia. Rentang umur secara umum yang paling sering terkena asam urat ialah dari 45 ke atas.

cara mengobati sakit asam urat secara tradisional

Penyakit asam urat merupakan suatu keadaan dimana zat purin dari dalam makanan tidak bisa diproses secara sempurna dalam proses metabolisme, dan juga tidak bisa diproses secara sempurna oleh ginjal, sehingga zat hasil olahan purin berupa asam urat tidak bisa dikeluarkan melalui kencing yang akhirnya malah menumpuk dalam darah. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengobati sakit asam urat secara tradisional. Ada banyak sekali cara tradisional yang bisa anda coba untuk mengobati penyakit asam urat ini.

Memang, penyakit ini cukup menyiksa, penyakit ini menyerang sendi dalam tubuh, seperti sendi lutut, pergelangan tangan, engkel, jari-jari tangan dan kaki, dan sendi lainnya. Cara mengobati sakit asam urat secara tradisional bisa dengan menggunakan daun sirsak, dan ekstrak kulit manggis. Daun sirsak sudah terkenal sejal lama ampuh mengobati penyakit asam urat.

Kandungan senyawa tannin, coaksalat, alkaloid, dan fitosterol, kandungan tersebut yang berfungsi untuk menyembuhkan asam urat. Daun sirsak juga memiliki sifat sebagai peluruh kencing atau diuretic sehingga bisa memperlancar sekresi asam urat melalui air kencing. Selain itu kandungan dalam daun sirsak juga mengandung senyawa yang bersifat anti inflamasi atau menekan peradangan, dan meredakan rasa nyeri yang muncul karena Kristal-kristal di sendi.

Sedangkan untuk kulit manggis memang merupakan terobosan baru yang mulai diketahui dan dikenal akhir-akhir ini. Saat ini begitu banyak produk-produk yang menjual ekstrak kulit manggis sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit termasuk asam urat.

Kandungan Xamthone merupakan salah satu senyawa kunci dalam obat ini karena mampu memperbaiki dan mengurangi kerusakan sel, dan juga untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Lebih baik anda membeli ekstrak kulit manggis dalam bentuk kapsul, karena kandungan senyawanya bisa lebih maksimal dimanfaatkan. Demikian pembahasan mengenai cara mengobati sakit asam urat secara tradisional, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top