Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Putih

Serba-serbi Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bawang Putih

KonsultasiSehat.com. Siapa sih yang tidak kenal dengan sakit gigi? Hampir semua orang pernah mengalaminya, dan mendengar tentangnya tanpa terkecuali. Banyak obat-obatan, baik herbal atau secara alami dan pabrikan yang bisa didapatkan. Umumnya orang-orang menggunakan bahan alami, alasannya, murah dan mudah. Murah harganya dibandingkan obat pabrikan, mudah karena dapat didapatkan di sekitar. Salah satu bahan alami yang bisa di gunakan yaitu bawang putih. Lho kok bisa? Lalu bagaimanakah cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih?

cara-mengobati-sakit-gigi-dengan-bawang-putih

Menurut Dr. Elson Hass, penulis “staying health with nutrition”, bawang putih memiliki banyak kandungan yang dapat berguna bagi tubuh manusia. Salah satu kandungan bawang putih yaitu kandungan asam amino aliin di dalamnya, yang nanti asam amino aliin yang menjadi Alisin saat proses pemotongan dan penghalusan, namun yang perlu dicatat senyawa ini sangat bau. Bau bawang putih berasal dari senyawa ini. Meskipun secara turun temurun sering dipakai, namun penelitian manfaat bawang putih terhadap sakit gigi masih kurang.

Menurut Creighton University, pemanfaatan bawang putih masih belum tepat, mengingat senyawa aktif tergantung dengan cara mengolahnya. Maka cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih yang benar adalah dengan mengunyah mentah-mentah bawang putih, agar allisin benar-benar terproduksi. Selain mempunyai manfaat untuk menyembuhkan sakit gigi,  bawang putih juga mampu mennyembuhkan penyakit jantung dan pemubuluh (kardiolvaskular), kanker, dan selesma. Banyak pakar menyatakan penggunaan bawang putih tergolong aman.

Setelah pemaparan manfaat kesehatan dari penggunaan bawang putih, sekarang adalah bagaimana menggunakan bawang putih untuk menobati sakit gigi. Caranya yaitu:

  • Patahkan sedikit bawang putih.
  • Patahan tadi dilumat, hingga benar benar hancur.
  • Tempelkan lumatan bawng putih pada gigi yang sakit (pada lubangnya).
  • Biarkan selama beberapa menit, paling tidak 20 menit.
  • JIka tidak nyaman, bisa juga dengan membungkusnya dengan kain tipis sebelum ditempelkan.

Begitulah cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih, yang perlu diperhatikan, jika sakit gigi tidak sembuh-sembuh juga, berobat ke dokter menjadi jalan terakhirnya. Karena kesehatan adalah hal yang berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top