Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Obat / Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Gusi Bengkak

Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Gusi Bengkak

Pelajari Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Gusi Bengkak

KonsultasiSehat.com. Gigi berfungsi fundamental karena letaknya di mulut yang berperan sebagai pintu gerbang masuknya makanan ke dalam tubuh kita. Olehnya sangat penting menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari macam-macam penyakit yang dapat mengganggu fungsinya. Penyakit yang sering menyerang gigi biasanya berupa gigi berlubang dan infeksi yang menyebabkan pembengkakan. Masalah sakit gigi harus segera ditangani dan tidak bisa diabaikan karena bisa jadi hal itu merupakan gejala dari penyakit yang lebih serius seperti stroke dan jantung.

cara-mengobati-sakit-gigi-karena-gusi-bengkak

Sebagian dari kita biasanya akan langsung bergegas menuju dokter gigi untuk mengatasi malah tersebut. Akan tetapi sebenarnya kita dapat mencoba cara mengobati sakit gigi karena gusi bengkak dengan beberapa hal berikut ini:

  • Berkumur dengan Air Garam

Garam sebagai sumber yodium yang juga bermanfaat meredakan rasa sakit pada gigi. Berkumurlah dengan ramuan garam yang telah dicampur dengan segelas air hangat.

  • Rutin Membersihkan Kotoran di Gigi

Jagalah kebersihan gigi guna mengurangi risiko terserang berbagai penyakit gigi. Termasuk diantaranya adalah menghindari sakit gigi yang disebabkan oleh pembengkakan gusi. Gosoklah gigi secara teratur untuk menghilangkan sisa bahan makanan. Serta gunakan sikat gigi yang lembut agar tidak melukai gusi apalagi sampai membuatnya berdarah.

  • Pemijatan pada Gusi

Metode yang satu ini tergolong sangat mudah dipraktikkan karena hanya cukup membutuhkan bantuan jari telunjuk. Begini cara mengobati sakit gigi karena gusi bengkak dengan pijatan; gosokkan jari pada gusi secara perlahan dengan pijatan melingkar yang halus.

  • Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Semua aturan kesehatan berpangkal pada kebiasaan kita sendiri termasuk bagaimana cara kita melengkapi tubuh dengan asupan nutrisi yang memadai. Sebisa mungkin konsumsilah bahan makanan yang mengandung kalsium, vitamin C, serta asam folat yang terbukti dapat mencegah terjadinya gusi bengkak. Kandungan vitamin C dan asam folat utamanya berfungsi mencegah gingivitis dan menjaga gusi tetap sehat.

  • Memanfaatkan Minyak Cengkeh

Cengkeh berkhasiat sebagai bahan untuk cara mengobati sakit gigi karena gusi bengkak terutama pada sari minyaknya. Oleskan minyak cengkeh tersebut pada gigi dengan bantuan kapas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top