Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Beberapa Cara Mengobati Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Sakit pinggang adalah kondisi yang umum dialami oleh semua ibu hamil. Sakit pinggang ini disebabkan oleh beratnya bobot yang harus ditopang oleh pinggang si ibu hamil.

cara mengobati sakit pinggang pada ibu hamil

Ada beberapa cara mengobati sakit pinggang pada ibu hamil. Namun usahakan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu agar sakit pada pinggang anda hilang. Sebab obat-obatan bisa saja mengandung bahan kimia berbahaya tertentu yang dapat mengancam kesehatan anda dan juga janin anda. Oleh sebab itu untuk ibu hamil, sebaiknya pengobatan harus dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Beban yang berat pada tubuh bagian depan terutama perut membuat tulang belakang ikut tertarik ke depan. Itulah mengapa seorang ibu hamil sering mengeluh sakit pinggang. Hal ini juga disebabkan karena otot pada tulang belakang yang bekerja ekstra keras untuk tetap menarik agar badan tetap dalam kondisi tegak.

Kondisi ini tentunya sangat berbanding terbalik saat anda dalam kondisi normal atau tidak hamil. Tulang belakang akan bekerja dengan normal untuk tetap mempertahankan posisi tegak badan anda. Sebagai cara mengobati sakit pinggang pada ibu hamil, anda dapat melakukan olahraga ringan agar badan anda tetap sehat dan bugar selama proses kehamilan.

Olahraga ringan yang dimaksud dapat berupa yoga, senam ibu hamil, jalan cepat atau berenang khusus ibu hamil. Kegiatan olahraga ini dapat merelaksasi otot pada tulang belakang anda sehingga rasa sakit itu pun dapat hilang.

Jika anda sudah melakukan cara-cara tersebut namun anda tetap masih merasakan sakit pada pinggang anda, maka segeralah untuk melakukan konsultasi pada dokter anda. Sebab rasa sakit pada tulang belakang yang tak kunjung sembuh dapat diindikasikan adanya penyakit lain seperti tumor atau kanker.

Jadi untuk meminimalisir adanya kejadian tersebut, maka inilah cara mengobati sakit pinggang pada ibu hamil yang terbaik. Anda tidak perlu khawatir akan pemberian obat-obatan dari dokter. Pastinya obat yang diresepkan oleh dokter telah sesuai dengan resep dan dosis untuk ibu hamil. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top