Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Pada Anak

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Pada Anak

Cara Mengobati Sakit Radang Tenggorokan Pada Anak

KonsultasiSehat.com. Mengalami sakit radang tenggorokan sangatlah tidak enak, penyakit ringan semacam ini jangan pula dianggap ringan karena penyakit semacam ini ternyata mampu menurunkan produktivitas di negara berkembang (Anonim, 2001).

cara mengobati sakit tenggorokan pada anak

Pada orang dewasa, radang tenggorokan sangatlah mengganggu, terlebih lagi bagi anak-anak. Selama ini jika mengalami sakit, termasuk sakit tenggorokan biasanya kebanyakan masyarakat akan meminum antibiotik untuk mempercepat penyembuhan penyakit. Pada dasarnya, antibiotik sebenarnya hanya melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus. Untuk itu perlu diketahui cara mengobati sakit tenggorokan pada anak yang baik dan efektif.

Cara mengobati sakit tenggorokan pada anak salah satunya adalah dengan memberikan antiseptik kepada anak. Jangan berikan antibiotik kepada anak ketika anak mengalami sakit radang tenggorokan. Jika kita memberikan antibiotik kepada anak yang sedang sakit radang tenggorokan dan itu disebabkan oleh virus semacam virus influenza bukan disebabkan oleh bakteri, maka akan membahayakan tubuh anak karena dengan memberikan antibiotik justru akan meningkatkan kekebalan bakteri dalam tubuh terhadap antibiotik.

Jadi, bakteri akan semakin ganas dan sulit dilawan. Oleh karena itu, gunakanlah antiseptik untuk mengobati penyakit ringan seperti radang tenggorokan ini. Lebih baik lagi jika menggunakan antiseptik alami seperti minyak pohon teh. Mengapa minyak pohon teh (tea tree oil)? Minyak esensial yang berasal dari Australia ini merupakan antiseptik alami antibakteri yang ternyata memiliki manfaat medis yang tinggi.

Cara mengobati sakit tenggorokan pada anak dengan minyak pohon teh (tea tree oil), yakni dengan cara mencampurkan 2 sendok makan minyak pohon teh ke dalam air hangat. Kemudian gunakanlah untuk berkumur-kumur. Ini dapat meringankan sakit radang tenggorokan anak anda dan menghilangkan batuk. Lakukanlah beberapa kali dalam sehari.

Ingat, minyak pohon teh ini tidak untuk diminum karena tidak baik untuk kesehatan anak anda. Selain memberikan minyak pohon teh, jangan lupa untuk memberikan konsumsi vitamin C yang mencukupi dan air putih yang banyak agar imun tubuh cepat meningkat kembali dan anak anda dapat segera sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top