Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Umur 9 Bulan

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Umur 9 Bulan

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Umur 9 Bulan Dengan Obat Tradisional

KonsultasiSehat.com. Sariawan yang timbul pada seorang bayi tidak bisa dilihat langsung oleh mata karena masih belum nampak jelas.

cara mengobati sariawan pada bayi umur 9 bulan

Banyak kalangan ibu dan orang tua yang menganggap sariawan pada bayinya adalah residu susu yang mudah dibersuhkan. Ini perlu diperhatikan dan berikan cara mengobati sariawan pada bayi umur 9 bulan secara efektif dan intensif. Sariawan yang ada di bibir bayi jangan dipaksa untuk dibersihkan karena akan membuat pendarahan pada bibir bayi.

Sariawan yang timbul pada bayi sama persis dengan sariawan yang ada di orang dewasa namuan kalangan ibu banyak tidak menyadari. Baru sadar ketika bayinya minum ASI atau dot susu. Sebenarnya sariawan pada bayi sangat mudah sembuhnya namun hendaknya segera untuk diobati agar tidak menyiksa bayi dengan tangisan histeris.

Banyak kalangan yang menyarankan untuk mengkonsumsi obat medis namun untuk kemanjurannya hendaknya gunakan obat tradisional. Berikut ini ada beberapa cara mengobati sariawan pada bayi umur 9 bulan dengan obat tradisional, yaitu:

– Minyak dari pohon teh

Minyak ini banyak tersedia di apotik. Cara menggunakannya yaitu rebus air putih setengah cangkir lalu dinginkan. Setelah itu berikan minyak pohon teh 1-2 tetes. Gunakan kapas untuk dicelup di minyak lalu oleskan di bagian mulut bayi yang terkena sariawan. Penggunaan kapas hanya untuk sekali agar tidak terjadi infeksi.

– Baking soda

Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan melarutkan baking soda dalam air yang sudah direbus. Dinginkan. Gunakan kapas untuk dicelup dalam larutan baking soda. Oleskan pada mulut bayi secara merata. Lakukan secara rutin.

– Ekstrak dari biji anggur

Sudah banyak tersedia di apotik terutama apotik herbal. Obat ini sedikit pahit namun khasiatnya sangat ampuh dalam menangani sariawan pada bayi karena dapat menghilangkan infeksi. Cara penggunaannya hanya meneteskan 7-10 tetes ke dalam air putih secukupnya. Cara pengolesannya sama dengan penggunaan dalam minyak teh dan baking soda.

Itulah cara mengobati sariawan pada bayi umur 9 bulan dengan obat tradisional. Namun perlu diketahui untuk mencegah bayi terkena sariawan, ibu harus menjaga puting payudara agar selalu steril biar bayi minum tidak mengakibatkan bakteri masuk dan mengakibatkan sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top