Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Usia 9 Bulan

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Usia 9 Bulan

Cara Mengobati Sariawan Pada Bayi Usia 9 Bulan Dengan Aman

KonsultasiSehat.com. Sariawan tidak hanya terkena oleh orang dewasa, bayi juga banyak yang terkena penyakit sariawan. Penyebabnya karena adanya jamur yang tumbuh melalui puting payudara ibu ketika bayi meminum ASI.

cara mengobati sariawan pada bayi usia 9 bulan

Biasanya ibu kurang menjaga kebersihan putingnya, maka bisa berimbas bayinya terkena penyakit sariawan dan harus segera ditangani dengan cara mengobati sariawan pada bayi usia 9 bulan dengan aman dan efektif. Hal ini disebabkan kondisi dari bayi masih rentan dan lemah ketika terkena suatu penyakit.

Gejala yang timbul ketika bayi sudah terkena sariawan adalah sulitnya untuk minum ASI dan makan secara teratur. Perlu adanya penanganan agar sariawan bayi sembuh dan dapat ditangani.

Berikut ini ada beberapa cara mengobati sariawan pada bayi usia 9 bulan dengan aman, antara lain:

– Sering mengkonsumsi makanan probiotik

Selain mengkonsumsi ASI, bayi yang terkena sariawan sering untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung probiotik, seperti yogurt dan suplemen. Fungsinya untuk menghindari dari tumbuhnya jamur dalam mulut bayi.

– Diet

Diet dalm hal ini adalah tugas ibu yang menyusui bayi harus mengurangi makanan yang dikonsumsi. Ganti dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar ketika menyusui tubuh sehat dan menumbuhkan kekebalan pada tubuh bayi. Dalam hal ini kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan makanan intsan.

– Bawang putih

Bawang putih yang biasanya sebagai bumbu untuk memasak, juga penting untuk bayi karena banyak mengandung antibiotik secara alami. Karena bawang sangat ampuh dalam menangani penyakit sariawan. Ini tugas ibu untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang putih agar mengatasi sariawan pada bayi.

– Selalu memakai pakaian yang luas dan longgar

Pakaian yang luas dan longgar membuat penyakit sariawan yang ada pada bayi segera diatasi karena kebanyakan jamur past tumbuh dalam rungan yang sempit dan gelap. Maka dari itu, bagi ibu jangan sering memakai pakaian yang sempit karena jamur mudah untuk berkembang terutama dalam payudara yang ketat dan tidak longgar. Hal ini penting untuk kesehatan bayi agar terhindar dari penyakit sariawan.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan pada bayi usia 9 bulan dengan aman yang bisa dipraktekkan bagi kalangan ibu yang memiliki bayi yang sedang sariawan. Selain itu berhati-hati tentang kesehatan bayi, harus efektif dalam menjaga dan merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top