Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Mengobati Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

Beberapa Cara Mengobati Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

KonsultasiSehat.com. Kehamilan adalah hal luar biasa yang di alami oleh seorang wanita. Ada beberapa keluhan selama masa kehamilan yang akan di alami.

cara mengobati sesak nafas pada ibu hamil

Di antaranya adalah sesak napas? Lalu bagaimana cara mengobati sesak nafas pada ibu hamil? Apakah penyebab dari sesak nafas yang di derita oleh wanita hamil tersebut? Sesak nafas yang di derita oleh ibu hamil biasanya terjadi pada trimester akhir dari  masa kehamilan.

Penyebab yang pertama adalah di karenakan adanya desakan dari tubuh bayi yang kian membesar sehingga menekan paru-paru dan diafragma dari calon ibu yang kemudian akan mengalami perubahan sehingga akan mengalami napas yang cepat dan sesekali mengalami sesak nafas.

Penyebab yang kedua adalah karena anemia. Penyakit anemia adalah sebuah gejala kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Sel darah merah mempunyai tugas untuk membawa pasokan oksigen untuk kebutuhan anda dan calon jabang bayi. Jika anda mengalami anemia, maka tubuh akan kekurangan sel darah merah sehingga tubuh akan berusaha keras untuk menyediakan pasokan oksigen yang cukup untuk tubuh anda. Cara mengobati sesak nafas pada ibu hamil dapat di lakukan dengan beberapa cara.

Berikut akan saya sampaikan beberapa cara yang di gunakan untuk mengatasi keluhan sesak nafas pada ibu hamil.

  • Pola makan yang sehat

Dengan menerapkan pola makan yang sehat, maka anda sudah membantu tubuh anda untuk mampu mengendalikan kenaikan berat badan yang berlebih yang akan mengakibatkan sesak nafas yang lebih parah. Kurangi makanan yang mengandung gula dan kalori tinggi.

  • Posisi tidur

Dengan perut yang sudah membesar, posisi tidur yang salah biasanya akan turut mendukung sesak nafas yang di derita menjadi lebih parah. Cobalah untuk tidur dengan bersandar pada 2 atau 3 bantal, ini merupakan salah satu cara mengobati sesak nafas pada ibu hamil.

  • Rileksasi

Gunakan waktu luang anda untuk melakukan rileksasi sehingga akan sangat membantu mengatur pola pernafasan anda agar menjadi lebih  baik lagi. Hal ini akan sangat membantu anda pada saat proses persalinan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top