Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Berdahak

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Batuk Berdahak

Inilah 3 Cara Mengobati Tenggorokan Gatal dan Batuk Berdahak

KonsultasiSehat.com. Jika tenggorokan anda sudah mulai gatal kemudian juga berdahak, maka itu adalah tanda bahwa anda akan menderita penyakit batuk.

cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk berdahak

Jika batuk anda sudah mulai menunjukkan adanya dahak, maka biasanya ini akan diikuti oleh perubahan suara anda akibat pita suara yang sudah terganggu dengan adanya dahak ini. Ada beberapa penyebab tenggorokan gatal dan batuk berdahak  yang mesti kita ketahui agar kita dapat mengetahui pula bagaimana cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk berdahak dengan tepat dan cepat.

Penyebab tenggorokan gatal serta batuk berdahak ada beberapa macam, di antaranya adalah penyakit batuk pilek, asma, lingkungan sekitar yang berdebu atau infeksi di saluran pernafasan. Semua penyebab tersebut memerlukan penanganan khusus secara terpisah agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lain pada tubuh anda.

Cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk berdahak dapat anda lakukan dengan memilih beberapa obat kimia yang banyak tersedia di apotik terdekat atau bisa juga dengan menggunakan cara yang alami dan aman yaitu dengan menggunakan obat tradisional.

Berikut beberapa obat tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengobati tenggorokan gatal dan batuk berdahak.

  • Madu

Dengan menggunakan madu, biasanya sakit tenggorokan anda akan sedikit berkurang. Kandungan berbagai vitamin yang terdapat di dalamnya akan membantu pemulihan tenggorokan anda. Kombinasikan dengan jahe jika anda menginginkan adanya sensasi hangat yang akan meredakan flu anda.

  • Antibiotik

Jika tenggorokan anda gatal akibat alergi, maka biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik pada anda sehingga anda bisa sembuh dari penyakit tersebut. Ada juga dokter yang memberikan obat tetes pada hidung untuk meredakan gatal pada tenggorokan yang anda alami. Ini salah satu cara mengobati tenggorokan gatal dan batuk berdahak yang paling banyak di pakai di masyarakat.

  • Pola makan

Dengan menjaga pola makan anda, seperti menghindari goreng-gorengan atau segala jenis makanan yang berminyak, serta menghindari minum soda atau makanan dan minuman dingin lainnya yang akan menyebabkan tenggorokan anda lebih gatal lagi. Hindari makan makanan tersebut, dan jika anda memeriksakan diri ke dokter, sudah pasti mereka akan mengingatkan anda akan hal itu juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top