Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Hidung Tersumbat

Cara Mengobati Tenggorokan Gatal Dan Hidung Tersumbat

Beberapa Cara Mengobati Tenggorokan Gatal dan Hidung Tersumbat Yang Efektif

KonsultasiSehat.com. Tenggorokan yang gatal dan hidung yang tersumbat merupakan beberapa tanda yang sangat sering terlihat pada saat kita terkena penyakit batuk, flu atau masuk angin.

cara mengobati tenggorokan gatal dan hidung tersumbat

Biasanya ada beberapa cara mengobati tenggorokan gatal dan hidung tersumbat yang biasa kita gunakan. Untuk mengobati tenggorokan yang gatal kita dapat menggunakan cara dengan meminum air yang hangat. Sedangkan untuk hidung yang tersumbat, maka kita bisa mengoleskan balsem pada dada dan punggung kita yang kemudian biasanya akan berefek terbukanya sumbatan pada hidung kita yang sangat mengganggu.

Tenggorokan yang gatal dan hidung yang tersumbat memang terlihat seperti sebuah masalah yang sepele. Namun ternyata jika kita mengalaminya sendiri, gangguan ini dapat mengakibatkan terganggunya pola kerja dan hidup kita sehingga menjadikan tubuh merasa sangat tidak nyaman. Beberapa cara yang saya kemukakan di atas pun belum tentu cocok untuk anda terapkan, karena kondisi tubuh setiap orang berbeda. Maka akan saya sampaikan beberapa cara mengobati tenggorokan gatal dan hidung tersumbat selain yang saya sebutkan di atas.

Agar supaya obat yang kita gunakan aman untuk di konsumsi, selalu pilih obat yang mengandung bahan-bahan alami tradisional.

  • Berkumur

Obat tenggorokan gatal yang sejak jaman dahulu ada adalah berkumur. Bukan berkumur biasa dengan menggunakan air saja, namun dengan berkumur menggunakan air yang sudah di campur dengan garam.

  • Cuka sari apel

Dengan membuat  ramuan yang berupa campuran cuka sari apel dan madu murni merupakan salah satu cara mengobati tenggorokan gatal dan hidung tersumbat yang terbukti efektif.

  • Uap

Dengan menaruh air panas di sebuah mangkok, kemudian anda taruh kepala anda di atas kepulan uap, tutup kepala anda dengan handuk kemudian hirup uapnya. Cara ini terbukti efektif untuk membantu meredakan hidung tersumbat anda.

  • Posisi tidur

Posisi tidur dengan posisi berbaring hanya akan menambah buruk hidung tersumbat anda.Yang perlu anda lakukan adalah tidur dengan posisi setengah duduk, berikan bantal di belakang punggung anda untuk mengganjal tubuh anda. dengan begitu kepala anda tidak sejajar dengan badan yang bisa membuat hidung tersumbat anda tidak segera reda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top