Kabar Sehat
You are here: Home / Psikologi / Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

. Memiliki anak yang cerdas tentunya menjadi keinginan setiap orang tua dan memang membangun keserdasan dari sang buah hati menjadi tanggung jawab atau kewajiban bagi anda orang tua. Oleh karena itu, anda sebagai orang tua harus mengetahui beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam cara meningkatkan kecerdasan otak anak.

cara-meningkatkan-kecerdasan-otak-anak

Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Namun, ternyata seringkali orang tua kurang paham mengenai hal tersebut dan pada akhirnya hal tersebut berdampak pada anak anda. Bukankah anda akan lebih merasa bangga jika memiliki anak cerdas bukan?

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info mengenai cara meningkatkan kecerdasan otak anak. Apabila anda tertarik, silahkan anda simak uraiannya berikut ini.

Cara meningkatkan kecerdasan otak anak :

  • Sarapan sehat setiap pagi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa memang anak yang rutin melakukan sarapan sehat setiap pagi cenderung memiliki memori yang lebih tajam jika dibandingkan dengan mereka yang jarang sarapan. Perlu anda ketahui bahwa karbohidrat kompleks yang anda berikan pada anak anda setiap pagi dapat membantu anak mempertahankan kinerja mental dan hal ini tentulah sangat berkaitan dengan memori. Anda sebagai orang tua dapat memberikan anak anda sarapan di antaranya yaitu buah, susu rendah lemak, beberapa jenis makanan kaya protein dan juga gandum sereal.

  • Ajarkan olahraga

Aktivitas fisik memang berdampak cukup bagus untuk kesehatan anak anda dan terutama fungsi otak. Dengan beberapa gerakan yang anak anda lakukan mampu mengaktifkan daerah penting pada bagian otak dan untuk itu, biasakan mengajak anak anda untuk melakukan olahraga misalnya dengan bersepeda.

  • Batasi waktu nonton TV

Saat ini TV selalu menjadi masalah ketika anda memerintah anak anda untuk belajar dan memang umumnya anak-anak banyak menghabiskan waktu dengan menonton TV. Oleh karena itu, sebaiknya anda sebagai orang tua harus memantau aktivitas anak anda dan usahakan anak anda hanya menonton TV maksimal 2 jam perhari.

  • Kenalkan permainan yang edukatif

Anda dapat mulai memperkenalkan berbagai permainan yang bersifat edukatif, misalnya teka-teki yang tentunya membutuhkan keterampilan, strategi dan juga memori otak untuk menyelesaikannya. Berbagai permainan tersebut dapat membantu otak untuk menjalin hubungan saraf baru.

  • Penuhi asupan asam lemak omega-3

Anda sebagai orang tua harus memperhatikan asupan makanan untuk anak anda. Asam lemak omega-3 ini dapat mengaktifkan area otak yang berpotensi mendorong peningkatan perhatian, aspek kognitif dan juga memori. Beberapa makanan yang dapat disarankan untuk memenuhi asam lemak omega-3 yaitu ikan salmon, ikan tuna dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa uraian yang dapat kami berikan mengenai cara meningkatkan kecerdasan otak anak. Semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top