Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi pada Balita agar Cepat Tumbuh

Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi pada Balita agar Cepat Tumbuh

. Bayi merupakan suatu anugerah diberikan untuk dirawat dengan baik dan penuh kasih sayang. Setiap tingkah lakunya pun selalu memberikan kegembiraan untuk keluarga. Seiring berjalannya waktu, bayi akan terus menunjukkan pertumbuhan yang baik apabila asupan gizinya terpenuhi sejak dini. Namun, banyak juga masalah yang mungkin muncul seiring pertumbuhan bayi tersebut. Biasanya masalah pada bayi akan menimbulkan efek bayi tak enak badan, menangis terus menerus, dan susah untuk diatur sehingga membuat orang tua kebingungan. Masalah yang sering muncul adalah gigi yang susah tumbuh. Cara merangsang pertumbuhan gigi pada balita agar tumbuh sesuai dengan usia perkembangannya harus diperhatikan dengan baik agar bayi tumbuh dengan maksimal dan normal.

cara-merangsang-pertumbuhan-gigi-pada-balita

Biasanya gigi pada balita tumbuh saat memasuki usia empat sampai enam bulan. Pertumbuhan ini sangat dipengaruhi oleh asupan gizi yang berasal dari makanan maupun gizi pada ibu bayi karena berpengaruh pada kualitas air susu yang dibutuhkan. Cara merangsang pertumbuhan gigi pada balita agar cepat tumbuh adalah dengan memberikannya mainan atau media perangsang. Mainan tersebut biasanya akan digigit oleh bayi. Selain itu, media perangsang ini dapat melatih keterampilan motorik pada bayi karena bentuknya yang melengkung. Pilihlah mainan yang terbuat dari karet ataupun lateks dengan warna yang mencolok tetapi aman untuk bayi. Mainan bayi ini sering disebut dengan teether yang biasanya sudah BPA free.

Selain menggunakan media perangsang tersebut, pertumbuhan gigi pada balita juga dapat dilakukan dengan memperhatikan pemberian makanan untuk bayi. Biasanya dapat menggunakan wortel yang dikupas dan dipotong agak besar kemudian diberikan untuk bayi agar dapat digigit-gigit olehnya. Wortel ini sangat aman dan murah, teksturnya yang tidak terlalu keras dan tak mudah putus dapat dijadikan sebagai alternatif cara merangsang pertumbuhan gigi pada balita. Manfaat pemberian media perangsang tersebut adalah gigi yang runcing dari dalam akan terdesak keluar pada gusi sehingga muncullah gigi susu pada balita. Terdapat zat tambahan yang bisa diberikan juga seperti zat fluor  yang berfungsi untuk memperkuat gigi, serta mencegah kerusakan pada gigi.

One comment

  1. Gimana ya dok anak. Saya yang berumur 1thn 9bulan. Dy makan mw tapi dy berat badan susah sekali naik, saya jadi kawatir dengan anak saya pertama. Apa yang bunda lakukan dengan si anak bisa gemuk. Begitu juga ank saya yang 9bulan susah sekali makan..???gimana ya supaya anak saya lahap makan tanpa ada paksaan, saya kasian melihat anak saya ga mw mkan. Trima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top