Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Merawat Bayi Yang Demam Panas Bagi Ibu Muda

Cara Merawat Bayi Yang Demam Panas Bagi Ibu Muda

. Mempunyai anak di usia muda merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan yang baru menikah. Usia muda disini bukan berarti pernikahan yang dilakukan ketika umur belasan, akan tetapi sudah mencapai masa subur dan sudah siap dalam segi mental. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika pasangan muda baru mempunyai bayi, hal ini berkaitan dengan perawatan bayi. Beberapa ibu muda pasti akan menghadapi kesulitan untuk merawat bayi karena ini merupakan pengalaman pertama, apalagi ketika bayi tersebut mengalami demam, disini akan dejelaskan cara merawat bayi yang demam panas agar ibu muda tidak panic ketika menghadapi hal tersebut.

cara-merawat-bayi-yang-demam-panas

  1. Ukur suhu tubuh si kecil mengunakan thermometer, letakan thermometer pada ketiak si bayi, telinga atau anus pada saat mengalami demam. Jangan melakukan pengeukuran suhu tubuh ketika bayi baru saja mandi karena akan mempengaryhi suhu tubuh yang asli
  2. Jika demam tidak terlalu tinggi, atau masih dibawah suhu 37,5 derajat celcius, jangan dikompres. Susui bayi tersebut agar tidak dehidrasi dan kekurangan cairan.
  3. Apabila suhunya melebihi 38 derajat, cara merawat bayi yang demam panas yang aman adalah jangan pernah memberikan obat penurun panas sembarangan, konsultasikan dulu ke dokter karena sangat riskan akan efek obat.
  4. Pakailah baju tipis terhadap bayi agar tidak sesek dan hindari pemakain bedong atau baju ketat yang dapat membuat bayi sesekdan bisa bernafas lega

Perawatan pada saat bayi sedang demam, memang sangat penting sekali untuk diperhatikan oleh para ibu karena bayi yang masih sensitive dan rentan terhadap penyakit. Untuk melakukan cara merawat bayi yang demam panas juga sebaiknya dilakukan secara benar, jangan sampai cara yang dilakukan salah dan menambah parah kondisi bayi. Apabila langkah-langkah diatas masih tidak memberikan efek baik, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan kondisi bayi, setelah itu bagi ibu muda juga jangan pernah menganggap sepele jika bayi sedang merasakan demam, cepatlah dalam melakukan tindakan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top