Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kesehatan / Cara Praktis untuk Mengatasi Mata Merah Akibat Iritasi Softlens

Cara Praktis untuk Mengatasi Mata Merah Akibat Iritasi Softlens | Cara untuk mengatasi mata merah karena softlens

. Semakin hari lensa kontak semakin populer karena harganya yang terjangkau dengan pilihan warna-warni yang cukup menarik. Lensa kontak atau softlens adalah suatu lensa berbahan plastik yang tipis dan dipakai dengan cara menempelkannya pada kornea mata. Kegunaan dari lensa kontak tersebut hampir sama dengan kacamata yaitu untuk tujuan terapi mata serta sering kali digunakan untuk penunjang penampilan. Softlens banyak dijual di pasaran dan kini sangat populer digunakan terutama oleh para remaja karena terasa lebih nyaman dan mudah untuk digunakan. Namun, terkadang softlens yang digunakan dapat mengakibatkan iritasi maupun alergi pada mata. Berikut merupakan beberapa cara  untuk mengatasi mata merah karena softlens untuk penggunaan baru yang belum terbiasa dan tidak hati-hati dalam menempelkannya.

KonsultasiSehat.com. Efek samping lain dalam penggunaan softlens ialah mata gatal, pengendapan protein, mata berair sering kali menyertai penggunaan lensa kontak. Cara untuk mengatasi mata merah karena softlens adalah segera lepas lensa kontak dari mata dan bilas menggunakan cairan pembersih disinfektan. Cara lainnya seperti selalu cuci tangan dengan bersih sebelum menyentuh dan memasang softlens. Hindari paparan terhadap debu dan kotoran lain yang bisa masuk ke mata dan menempel pada lensa kontak sehingga menyebabkan iritasi. Janganlah malas untuk menggunakan tetes mata khusus penggunaan lensa kontak agar mata tidak kering dan terasa gatal. Penggunaan lensa kontak sebaiknya tidak lebih dari 12 jam berturut-turut karena oksigen yang masuk ke dalam mata dapat terhalang oleh lensa kontak.

Cara-untuk-mengatasi-mata-merah-karena-softlens

Menggunakan softlens harus diimbangi dengan gaya hidup bersih agar terhindar dari iritasi mata karena alergi lensa kontak. Mata merah yang sering terjadi tersebut  mungkin disebabkan karena pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Oleh karena itu, cara Cara untuk mengatasi mata merah karena softlens ini harus diperhatikan dengan baik. Bila mata merah terus berlanjut sebaiknya temui dokter mata untuk mendapat penanganan yang baik. Patuhi juga jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter mata dan yang terpenting perhatikan masa berlaku atau masa pakai softlens guna mencegah kerusakan pada softlens. Dengan begitu penampilan mata lebih trendy dan menarik dengan mata sehat tanpa iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top