Kabar Sehat
You are here: Home / Informasi Kehamilan / Cara Tidur Ibu Hamil Yang Benar

Cara Tidur Ibu Hamil Yang Benar

Bagaimanakah Cara Tidur Ibu Hamil Yang Benar ?

KonsultasiSehat.com. Kehamilan adalah kabar gembira bagi sebuah keluarga. Sebab, itu berarti akan bertambah anggota baru dalam suatu keluarga. Nah, bagi Anda calon Bunda yang kini sedang mengalami kehamilan sebaiknya baca artikel ini untuk mengetahui cara tidur ibu hamil yang benar.

cara tidur ibu hamil yang benar

Karena, apabila Bunda salah dalam posisi tidur takutnya akan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Pada awal kehamilan memang tidak masalah. Bunda ingin posisi tidur apapun mulai dari posisi tengkurap, miring kekanan ataupun miring kekiri hingga terlentang.

Namun, ketika usia kehamilan sudah menginjak 15 minggu itu berarti perut Bunda sudah semakin membesar dengan kata lain Bunda tidak akan bisa tidur bebas seperti awal kehamilan. Maka perlu Bunda ketahui bagaimana cara posisi tidur yang benar disaat kehamilan atau berbadan dua.

1. Tidur dengan posisi miring

Salah satu cara tidur ibu hamil yang benar adalah dengan posisi tidur miring atau menyamping. Posisi tidur ini dapat melancarkan aliran darah dan nutrisi yang tinggi untuk bayi didalam kandungan. Pada plasenta bayi terdapat vena besar tepatnya berada di belakang sebelah kanan svina yang berfungsi mengembalikan aliran darah pada bawah jantung. Selain itu ,juga dapat membantu ginjal dalam membuang sisa produksi bunda. Sehingga mengurangi pembekakan pada bagian tangan dan kaki bunda saat mengandung.

2. Tidur dengan posisi tidur terlentang maupun tengkurap

Bagaimana dengan posisi tidur terlentang maupun tengkurap Bagi bunda yang sedang mengandung? Kedua posisi itu tidak di anjurkan. Mengapa demikian? Untuk posisi tidur dengan tengkurap, sebenarnya posisi ini aman-aman saja. Namun, karena saat hamil terjadi pembesaran pada perut dan payudara yang sensitif , ini  akan  membuat bunda mengalami tidak nyaman saat tidur.

Sedangkan ntuk posisi tidur terlentang juga sangat dilarang. Karena untuk bunda yang sedang mengandung , posisi terlentang ini akan meningkatkan resiko gangguan pencernaan, wasir , mengganggu pernafasan serta sakit dipinggang.Nah itulah cara tidur ibu hamil yang benar. Semoga bermanfaat bagi Bunda dan jangan lupa di praktekan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top