Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir

Mengenal Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Baru Lahir Dengan Tepat

KonsultasiSehat.com. Bayi yang baru lahir belum mengalami perkembangan tubuh yang baik. Sehingga beberapa bagian tubuhnya masih belum bisa merespon suatu kejadian dengan tepat. Pada bayi seringkali dijumpai kasus hidung yang tersumbat.

cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir

Bayi yang baru lahir tentu saja tidak bisa membuang cairan di hidungnya layaknya orang dewasa. Kondisi hidung yang tersumbat tentunya akan membuat bayi anda tidak nyaman untuk bernafas. Oleh karena itu, terdapat cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir dengan tepat.

Orang pada zaman dulu mengatakan bahwa untuk mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi adalah dengan menyedotnya secara langsung melalui mulut. Sebenarnya cara ini sepenuhnya tidaklah baik. Memang cara ini dapat mengeluarkan cairan dan lendir yang menyumbat hidung bayi anda.

Namun cara ini dapat memindahkan bakteri jahat yang ada di mulut orang yang menyedot ke hidung bayi anda. Jadi bagi anda yang memiliki bayi, jangan lakukan caratradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir seperti ini.

Di jaman modern seperti sekarang, terdapat alat khusus penyedot ingus untuk bayi yang dijual di apotik. Bentuk penyedot ingus ini seperti botol kecil. Sebelum anda menggunakannya, anda cuci terlebih dahulu ujung botol dengan alkohol 70%. Kemudian masukkan pelan-pelan dan jangan terlalu dalam ke hidung bayi anda.

Namun jika anda ingin melakukan cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi baru lahir, anda bisa melakukan pijatan ringan di area T (mata, hidung, alis) menggunakan minyak telon. Dengan pijatan ringan dan lembut seperti itu dapat membantu melegakan pernafasan bayi anda. Selain pijatan di area hidung, pijatan di punggung bayi juga dapar memberi efek baik pada pernafasan si bayi.

Metode lainnya adalah dengan membuat penguapan alami.Cara ini dapat dilakukan dengan menaruh air panas di dalam ember kemudian mencampurnya dengan minyak telon. Kemudian anda dapat menggendong bayi anda sambil mengarahkan hidungnya supaya menghirup uap panas tersebut. Cara ini juga dapat membantu melegakan pernafasan bayi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top