Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

3 Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

KonsultasiSehat.com. Kondisi kesehatan bayi memang harus selalu diperhatikan. Pasalnya sel-sel dalam tubuh manusia akan selalu membelah. Hal ini bisa menyebabkan konsidi tubuh menjadi menurun.

cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Kemudian tubuh akan terserang panyakit seperti panas, batuk dan pilek. Walaupun hal ini merupakan hal yang wajar, tapi hal ini tentu tidak bisa dibiarakan begitu saja. Sebagai orang tua pastinya akan merasa khawatir dan akan mencari cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Pengobatan dengan cara tradisional memang selalu menjadi andalan karena disamping aman, menggunakan bahan tradisional tidak menimbulkan efek samping sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi

  1. Menggunakan larutan garam

Garam sejakdulu memang dipercaya dapat untuk mencairkan ingus yang sulit untuk dikeluarkan sehingga membuat hidung tersumbat. Selain itu garam dapat melembabkan kembali selaput pernafasan bagian dalam dari hidung. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu melarutkan seperempat sendok teh garam kedalam setengah gelas air yang hangat.  Kemudian masukkan larutan tersebut kedalam hidung bayi dengan bantuan pipet. Minimal lakukan hal ini selama 3 kali dalam sehari. Ingus akan mencair dan mudah dikeluarkan.

  1. Melakukan penguapan secara alami

Anda dapat mengatasi hidung tersumbat pada bayi salah satunya menggunakan cara penguapan atau biasa dikenal dengan inhalasi. Inhalasi dapat dilakukan dengan mudah di rumah anda. Anda bisa menyiapkan air panas lalu diberi tetesan minyak. Lalu letakkan salah satu sudut kamar. Maka udara yang membawa virus akan mati. Selain itu usahakan agar bayi juga bisa menghirup uap tersebut agar pernafasan menjadi lebih mudah karena ingus akan mencair.

  1. Menghangatkan tubuh

Bayi yang sedang terkena penyakit maupun tidak kondisi tubuhnya memang harus selalu dijaga agar hangat. Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih, minyak telon atau balsam khusus bayi sekalipun agar tubuh bayi tetap terasa hangat.

Demikianlah beberapa hal mengenai cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi.  Anda tidak perlu ragu dalam untuk mencoba cara-cara tersebut karena sudah pasti cara tersebut sudah pasti aman untuk dilakukan. Hanya saja anda perlu lebih berhati-hati lagi karena hidung merupakan bagian tubuh yang sensitive dan mudah teriritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top