Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Tradisional Mengobati Batuk Pada Bayi 3 Bulan

Cara Tradisional Mengobati Batuk Pada Bayi 3 Bulan

Beberapa Cara Tradisional Mengobati Batuk Pada Bayi 3 Bulan

KonsultasiSehat.com. Bagi anda yang memiliki bayi dengan usia yang baru menginjak 3 bulan, anda harus berhati-hati dalam menjaga dan merawatnya.

cara tradisional mengobati batuk pada bayi 3 bulan

Karena jika anda tidak berhati-hati untuk menjaganya bisa jadi bayi anda terkena sakit ataupun gangguan kesehatan lainnya. Ada beberapa jenis penyakit yang sering menjangkin bayi pada usia 3 bulan, yaitu rentang demam, pilek, dan batuk. Artikel ini akan membahas secara khusus tentang beberapa cara tradisional mengobati batuk pada bayi 3 bulan yang bisa anda terapkan langsung kepada si buah hati anda yang sedang merasakan sakit batuk tersebut. Cara tradisional dibutuhkan agar si buah hati tidak mengenal obat-obatan kimia lebih dini, karena bahan pengawet yang terkandung dalam obat-obatan kimia dapat membahayakan kesehatan tubuh, apalagi pada usia bayi 3 bulan.

Pertama cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati bayi anda yang terkena batuk adalah dengan menjaga istirahat sang bayi, misalnya dengan menambah porsi istirahat atau tidur bayi menjadi lebih banyak. Cara yang kedua yaitu dengan membiasakan bayi untuk mandi uap atau mandi air hangat yang mengandung uap.

Dengan uap tersebut bayi akan merasa lebih lega pada pernafasannya sehingga batuk segera disembuhkan. Cara tradisional mengobati batuk pada bayi 3 bulan yang ketiga adalah menggunakan penghangat alami seperti bawang merah yang diparut kemudian dioleskan ke bagian dada, tenggorokan secukupnya, dan ubun-ubun. Penghangat lainnya bisa dengan menggunakan minyak kayu putih atau minyak telon.

Air Susu Ibu (ASI) intensif juga tetap harus diberikan kepada bayi agar daya tahan tubuh mereka semakin kuat, meskipun sedang sakit batuk. Ibu juga harus menjaga pola makannya agar ASI yang akan diberikan pada bayi adalah ASI sehat. Air putih yang banyak juga baik untuk diberikan pada bayi yang sedang sakit batuk, terutama air yang hangat.

Cara tradisional mengobati batuk pada bayi 3 bulan yang lainnya bisa dengan memanfaatkan kunyit yang banyak anda miliki di dapur anda. Cara memanfaatkan kunyit tersebut yaitu dengan memarut kunyit secukupnya atau gunakan kunyit bubuk dengan air susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top