Kabar Sehat
You are here: Home / Kesehatan Anak / Cara Tradisional Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Tradisional Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

Cara Tradisional Mengobati Radang Tenggorokan Pada Anak

KonsultasiSehat.com. Lemon, jahe, daun sambung nyawa, kaktus gepeng daun dewa adalah beberapa dari jenis tanaman yang biasa diajadikan obat tradisional untuk mengobati penyakit radang tenggorokan.

cara tradisional mengobati radang tenggorokan pada anak

Lemon dan jahe mungkin yang mudah didapat dan paling sering dijadikan obat untuk mengobati penyakit yang sering diderita saat pergantian musim ini. Sedangkan sambung nyawa dan kaktus gepeng serta daun dewa mungkin agak jarang digunakan karena minimnya pengetahuan dan agak sulitnya mencari tanaman tersebut.

Nah, kali ini kita tidak akan menggunakan tanaman-tanaman tersebut sebagai cara tradisional mengobati radang tenggorokan pada anak. Kali ini kita akan menggunakan mentimun sebagai obat tradisional untuk mengobati radang tenggorokan pada anak.

Mentimun (Cucumis sativus Linn.) atau sering disebut dengan timun adalah buah yang sangat mudah kita jumpai di super market, pasar atau pun warung-warung kecil yang menjjual sayur-mayur. Timun merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan hanya untuk lalapan, acar atau perawatan muka. Jangan salah, manfaat timun tak hanya itu saja loh.

Timun yang memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak, 2,2 % karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C ternyata memiliki manfaat lain, yakni merupakan cara tradisional mengobati radang tenggorokan pada anak. Caranya yakni dengan cara :

1. Cuci bersih mentimun.

2. Sayat dengan pisau bagian yang membatasi antara biji mentimun dengan daging buah mentimun.

3. Ambil bijinya saja dan masukan ke dalam gelas.

4. Campurkan garam ¼ sendok teh kedalam gelas dan aduk rata.

5. Tambahkan ¾ gelas air putih dalam gelas.

6. Gunakan untuk berkumur dan lakukanlah 4 kali sehari.

Itulah cara tradisional mengobati radang tenggorokan pada anak. Cukup dengan bahan yang mudah didapat dan murah berupa tanaman yang sering sekali dijumpai. Mengapa menggunakan biji mentimun? Karena biji mentimun mengandung flavonoid dan polifenol yang mampu mengobati dan mencegah radang tenggorokan, serta mengembalikan suara yang biasanya hilang disebabkan oeh batuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top